13 April 2021

Batola, Daerah Penghasil Daging Potong Sapi Bali di Kalsel

1 min read

Gambar Sapi Bali.

BARITO KUALA – Kabupaten Barito Kuala merupakan salah satu Kabupaten yang kuat dalam sektor perkebunan di Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepada Abdi Persada FM, Kepala Dinas Perkebunan Dan Peternakan Kabupaten Barito Kuala Alfian Noor mengatakan, Kabupaten Barito Kuala merupakan daerah atau Kabupaten penghasil daging sapi potong, jenis sapi bali yang ada di Kalimantan Selatan.

“Batola merupakan daerah penghasil daging sapi, dan terbagi di beberapa kecamatan, dari Rantau Badauh, Wanaraya, dan Barambai. Para peternaknya pun sudah berpengalaman karena kebanyakan masyarakat di sini sudah ada yg puluhan tahun beternak sapi bali,” ucap Alfian.

Alfian juga mengatakan, untuk penyakit yang rentan dengan sapi bali adalah penyakit Jembrana yaitu penyakit yang membuat sapi bali mengeluarkan peluh dan dan tiba-tiba mati dengan sendirinya.

“Untuk sapi bali penyakit yang rentan adalah penyakit Jembrana, dan sapi yang dipelihara memang baiknya di vaksin setiap setahun sekali,” jelas Alfian.

Untuk diketahui potensi dunia peternakan di Kabupaten Barito Kuala sangat bagus.

Maka dari itu salah satu peternak Sapi Bali di Batola tepatnya di Kecamatan Rantau Badauh Sadikon berharap, para generasi Muda di Batola mau bergerak di bidang Perkebunan karena potensi nya yang sangat bagus bahkan mampu meningkatkan perekonomian Kabupaten.

“Saya berharap para generasi Muda tidak alergi terhadap dunia peternakan, karena ini merupakan salah satu potensi Batola yang mampu meningkatkan perekonomian selain Perkebunan. Batola sendiri tidak memiliki sumber daya mineral seperti batu bara atau emas, maka dari itu sektor Perkebunan harus di galakan,” harapnya. (TR01/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.