16 Oktober 2021

Seluruh RS di Kalsel Yang Direkomendasikan Turun Kelas Lakukan Sanggahan

2 min read

BANJARMASIN – Seluruh Rumah Sakit di Kalimantan Selatan (Kalsel) yang direkomendasikan turun kelas melakukan penyanggahan untuk mempertahankan kelasnya masing-masing.

“Hal itu bukan dalam artian penurunan kelas RS. Tapi sifatnya rekomendasi dan belum final yang disampaikan kepada beberapa RS yang hasil reviewnya dinyatakan kelas yang ada tidak memenuhi standar. Namun kita sudah melakukan upaya-upaya formasi dengan cepat terutama RS yang direkomendasikan turun kelas,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, Muhammad Muslim kepada wartawan, sebelum rapat bersama Komisi IV DPRD Kalsel di Banjarmasin, Senin (29/7).

Menurutnya, dari rapat koordinasi dengan seluruh Manajemen RS di Kalsel, masing-masing Manajemen RS baik milik Pemda maupun Swasta dan instansi lainnya menyatakan RS nya masih sesuai kriteria RS sesuai kelasnya saat ini. Selain itu, mayoritas penyebab masuknya nama-nama RS di Kalsel dalam daftar rekomendasi penurunan kelas tersebut, menurutnya disebabkan kesalahan manajemen RS sendiri. Pasalnya dari rapat koordinasi tersebut  diketahui banyak adanya kesalahan input data secara online termasuk pada Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) yang menjadi salah satu dasar pertimbangan Kemenkes membuat rekomendasi tersebut.

“Semuanya menyatakan bahwa agak teledor, lalai dan tidak memvalidasi dengan baik pada saat menginput data sistem onlinenya,” jelasnya.

Karena itu, Muslim menyarankan seluruh Manajemen RS yang direkomendasikan turun kelas untuk segera memperbaiki proses input data online termasuk melalui SIRS.

“Kita masih mempunyai waktu sampai 12 Agustus nanti untuk melakukan sanggahan dan divalidasi sesuai dengan kelas RS nya,” jelasnya.

Seperti diketahui, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI merekomendasi ratusan RS untuk turun kelas. Sembilan belas RS di Kalsel yang direkomendasikan turun akreditasi diantaranya  RS Gigi dan Mulut Gusti Hasan Aman di Banjarmasin. Rekomendasi penurunan kelas beragam baik dari kelas A ke kelas B, kelas B ke kelas C dan kelas C ke kelas D. (NRH/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?