28 Oktober 2021

IDAI Kalsel dan Pemkab Tala Cegah Stunting Melalui Program MTP

2 min read

TANAH LAUT – Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Cabang Kalimantan Selatan (Kalsel) menggandeng Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Tala) dalam mencegah stunting pada anak, yaitu dengan mengadakan Bakti Sosial yang bertepatan dengan program Pemkab Tala yaitu Manunggal Tuntung Pandang (MTP) di Desa Handil Negara Kecamatan Kurau pada jumat (26/7) lalu.

Giat baksos yang dilakukan IDAI Kalsel  tersebut dalam rangka mendukung program pemerintah dimana sesuai arahan dari Menteri Kesehatan yaitu tentang  pencegahan kurang gizi dan stunting pada anak tahun 2019, sehingga  maka dari itu IDAI Kalsel melakukan baksos di Desa Handil Negara yang berada cukup jauh dari Kota Pelaihari tersebut.

Adapun baksos yang dilakukan IDAI Kalsel seperti pengobatan, penyuluhan dan skrining stunting pada anak, kegiatan tersebut pun mendapat respon baik dari masyarakat setempat.

Ketua IDAI Kalsel Dr. Indra Wijaya Himawan  mengatakan bahwa baksos seperti ini adalah sebuah kegiatan rutin dari IDAI Kalsel salah satunya di Desa Handil Negara, dan ia juga mengaku bahwa pihaknya selalu bersinergi dengan Pemda setempat salah satunya seperti di kegiatan MTP ini.

“Kita bersama-sama Pemkab Tala saling bergandeng tangan mencegah stunting pada anak ini,kita juga melakukan talkshow , juga screening tumbuh kembang anak Sekolah Dasar dan jika ada kekurangan gizi maka akan kita tangani,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Pelaksana Kegiatan Baksos Dr. Mahardita mengatakan bahwa baksos ini bertujuan untuk menyisir langsung ke desa-desa untuk mengetahui dengan detail bagaimana kondisi gizi dari anak-anak sehingga pencegaha stunting pada anak bisa dilakukan dengan efektif.

“Kita harus langsung turun kelapangan untuk mencari fenomena gunung esnya, sehingga dapat kita tangan dengan tepat,” ucapnya.

Dr. Mahardita pun mengungkapkan bahwa baksos ini nanti akan diambil alih oleh IDAI Tala yang nantinya juga akan hadir disetiap kegiatan MTP melakukan baksos.

“Kerjasama kita dengan Pemkab Tala akan terus berkelanjutan, mungkin hari ini IDAI Kalsel yang mengadakan namun kedepan kita dari IDAI Tala yang akan melaksanakan baksos seperti ini di kegiatan MTP yang dilaksanakan oleh Pemkab tala,” tutupnya. (HUM-TALA/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?