1 Desember 2021

Cegah Karhutla, Kodim 1006 Martapura Tingkatkan Patroli

1 min read

BANJAR – Patroli rutin menjadi salah satu langkah yang dilakukan Kodim 1006 Martapura sebagai bentuk antisipasi dalam upaya pencegahan kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Banjar ketika memasuki kemarau saat ini.

Hal ini diungkapkan Dandim 1006 Martapura Letnan Kolonel Armed Siswo Budiarto kepada Abdi persada FM belum lama tadi. Siswo mengatakan Kabupaten Banjar memang dinyatakan oleh BMKG merupakan salah satu kawasan titik panas di musim kemarau saat ini yang berpotensi menimbulkan titik api.

Walau demikian jajaran Kodim 1006 Martapura sebagai salah satu unsur yang dilibatkan untuk mencegah Karhutla , tentunya menurut Siswo, ini akan menjadi sebuah tantangan yang harus di jawab dengan lebih meningkatkan lagi upaya-upaya pencegahan Karhutla.

Siswo menjelaskan upaya tersebut yakni di samping melakukan sosialisasi ke masyarakat tentang bahayanya kebakaran lahan, Jajaran Kodim 1006 Martapura bersama unsur terkait lainnya akan rutin melakukan Patroli.

“Kita akan tingkatkan patroli-patroli bersama dengan melibatkan segala komponen masyarakat, baik TNI/POLRI, pemerintah daerah, para relawan, Tim reaksi cepat maupun komponen masyarakat lainnya untuk melakukan upaya pencegahan agar tidak terjadi Kebakaran lahan,” ucapnya.

Siswo menambahkan selain sosialisasi dan patroli pencegahan Karhutla yang dilakukan, upaya pencegahan lainnya pula dilakukan dengan memasang spanduk-spanduk, banner atau pamplet pada kawasan-kawasan yang dianggap rawan Karhutla yang isinya bersifat imbauan kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan. Tujuannya untuk menyadarkan masyarakat tentang bahayanya kebakaran hutan dan lahan, apabila sampai terjadi.

“Saya berharap bencana Karhutla yang tadinya biasa terjadi di Kabupaten ini, tidak akan terjadi lagi, kita harus berusaha merubah kebiasan ini, semoga saja kebakaran hutan dan lahan ditempat kita tidak terjadi,” harapnya. (AF/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?