7 Maret 2021

Desa Danda Jaya Budidayakan Janda

1 min read

Para ibu-ibu yang sedang membuat dasar penanaman jamur tiram.

BARITO KUALA – Desa Danda Jaya merupakan desa yang terletak di kecamatan Rantau Badauh Kabupaten Barito Kuala.

Di desa ini mempunyai sebuah inovasi yang sudah terlihat hasil dan banyak peminatnya yaitu budidaya jamur tiram, yang di namai sebagai Jamur Danda atau Janda

Kepada Abdi Persada FM, Rohmad salah satu pembina budidaya jamur kelompok bina alam di Desa Danda Jaya mengatakan bahwa budidaya jamur tiram Di desa merupakan upaya pihaknya untuk meningkatkan ekonomi dan banyak peminatnya.

Bibit jamur tiram yang sudah Di bungkus untuk lanjut ketahapan lain.

“Alhamdulillah sangat banyak peminat bahkan tingkat pesanan lebih dari produksi yang rata-rata pemesan bisa sampai sehari 80 sampai 100 kilo, namun karena musim kemarau kami hanya bisa produksi sampai 50 kilo,” ucap rohmad

Rohmat menambahkan mengenai pemasaran juga dilakukan pihaknya secara offline dan secara bertahap akan di lakukan secara online.

Lebih lanjut Rohmad mengatakan untuk saat ini pihaknya juga melakukan pelatihan budidaya jamur Di desa dengan di bantu bumdes yang ada.

Sementara itu salah satu perangkat desa Danda Jaya Dewi menyampaikan pihaknya menyelenggarakan pelatihan dengan Dana Desa sebesar 12 juta.

“Tujuannya ini untuk meningkatkan lapangan pekerjaan, sehingga mampu membantu perekonomian di desa,” ucap Dewi

Salah satu masyarakat desa Danda Jaya, yang ikut dalam pelatihan budidaya Janda, Maimunah mengatakan bahwa dirinya senang ada pelatihan budidaya jamur yang ada di desa ini karena bisa menambah keterampilan dan mendukung masyarakat dalam segi ekonomi. (TR01/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.