Barito KualaNews

Air Baku Di Marabahan Sulit Diolah Menjadi Air Bersih

BARITO KUALA – Beberapa bulan yang lalu PDAM Batola menaikkan biaya denda keterlambatan membayar untuk pelanggan PDAM, hal tersebut tentu menuai pro dan kontra diantara masyarakat Batola, namun Kabag Administrasi dan Keuangan PDAM Kabupaten Barito Kuala Nazhirni mengklarifikasi bahwa kenaikan denda tersebut dilakukan agar para pelanggan PDAM tertib bayar tagihan air dan pihaknya bisa memenuhi kebutuhan operasional karena para pelanggan tertib membayar tagihan, dan apabila bayar tepat waktu denda tersebut bukanlah masalah.

Hal tersebut yakni menaikan denda bagi mereka yang terlambat bayar ternyata efektif sehingga pembayaran tagihan air PDAM beberapa waktu ini meningkat yang awalnya hanya kisaran kurang dari 70 persen menjadi maksimalnya 85 persen.

“Meningkat karena meningkatkan denda tersebut sampai 85 persen jadi hal tersebut lumayan efektif,” ujar Nazhirni

Sementara itu, salah satu warga yang tinggal di kota Marabahan, warga Jalan Panglima Wangkang Bastian mengatakan kadang air ledeng di Marabahan ada dedaknya.

“Air ledeng ada dedaknya,” ucap Bastian Bastian

Nazhirni pun mengakui, memang saat ini pihaknya agak kesulitan untuk mengolah air ledeng Di Marabahan untuk daerah lain bagus.

“Untuk Marabahan memang agak kesulitan, mungkin karena air baku yang semakin sulit untuk diolah, kami belum mengetahui apa penyebabnya, namun untuk kecamatan lain kualitas airnya lebih baik dibandingkan di Marabahan,” jelas Nazhirni

Selain itu Kepada Abdi Persada FM, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Barito Kuala Asy’ari menjelaskan melalui penelitian yang pihaknya dapat untuk ph air di sungai yang ada di Batola sebesar 6,26 dari hasil penelitian beberapa bulan kemarin dan bisa dibilang masih normal, namun untuk saat kemarau harus berhati-hati.

“Apakah karena kemarau bisa semakin asam atau semacamnya,” jelas Asy’ari (TR01/RDM/MTB)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat