1 Desember 2021

Dewan Banjarmasin Didatangi LSM dan Ormas, Ini Kisahnya

1 min read

BANJARMASIN – Puluhan LSM dan Ormas diantaranya Pemuda Islam, Forum Rakyat Peduli Bangsa dan Negara Kalsel mendatangi Gedung DPRD Kota Banjarmasin pada Kamis (25/7) terkait isu beredarnya mengenai minuman beralkohol yang akan beredar bebas.

Menurut Anggota Komisi II DPRD Kota Banjarmasin Awan Subarkah didampingi Anggota Bapemperda Matnor Ali, revisi perda ini sebenarnya memperkecil gerak dan membatasi peredaran miras. Terkait hypermarket yang diperbolehkan menjual, hal itu sesuai peraturan pemerintah (Perpres) nomor 73 Tahun 2013 isinya mengenai golongan minol (A), (B) dan (C). Yakni untuk golongan (A) kadar minolnya sebesar 5 persen, golongan (B) 5-22 persen, dan golongan (C) 22-55 persen. Sesuai aturan Dalwas untuk golongan (B) dan (C) diperbolehkan akan tetapi hanya untuk hotel berbintang 4 dan 5, sedangkan dalam peraturan menteri perdagangan nomor 20/2014 diperbolehkan di hypermarket golongan (A), namun tidak diatur jarak dan waktu.

Sehingga DPRD Kota mengatur hal tersebut dalam bentuk peraturan daerah, yang isinya waktu berdagang minuman beralkohol di hypermarket hanya dibatasi selama 1 jam dimulai pada jam 23.00 – 24.00, dan retribusinya pun diatur dari Rp100 juta per 2 tahun naik menjadi Rp200 juta per 1 tahun.

“Penekan peredaran minol, pengusaha akan berpikir ulang jika ingin memperpanjang izin usahanya,” ucap Awan.

Berdasarkan penjelasan Dewan ini, Ketua Forpeban Dinjaya mengatakan, akan menyampaikan ke masyarakat terkait ketidaksinkronan antara isu yang beredar dengan tujuan perda minuman beralkohol, yakni Perda yang dibuat ternyata untuk mengatur dan menekan peredaran miras di kota ini, dan isu beredar penjualan di minimarket tidaklah benar, yang ada di Hypermarket bahkan waktunya pun dibatasi hanya 1 jam.

Sebelumnya LSM dan Ormas ini telah mendatangi kantor Pemerintah Kota Banjarmasin. (NHF/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?