21 Oktober 2021

Bayar Pajak Kendaraan? Jemput Antar Saja

2 min read

BANJARMASIN – Dalam beberapa bulan terakhir ini, banyak masyarakat yang merasa kebingungan karena tidak adanya layanan Samsat Keliling di kota Banjarmasin. Padahal sebelumnya, layanan ini rutin mendatangi sejumlah titik lokasi keramaian, untuk memudahkan wajib pajak melunasi pajak kendaraan bermotor tahunannya. Setelah tahu jawabannya, pun mereka lebih merasa kecewa. Kenapa layanan yang sangat memudahkan wajib pajak itu, tak kunjung beroperasi lagi. Mereka pun terpaksa harus meluangkan waktu, mendatangi kantor Samsat di jalan Ahmad Yani kilometer 6, atau yang ada di kawasan Kayutangi Banjarmasin, agar pajak terlunasi dan demi terhindar dari denda keterlambatan atau tunggakan.

Ditemui wartawan saat menghadiri undangan acara di Ulin Tower Banjarmasin pada Sabtu (20/7), Kepala Bakeuda Kalimantan Selatan Aminuddin Latif menjelaskan, bahwa layanan Samsat Keliling dan Samsat Corner memang masih belum beroperasi, sejak sebelum Pemilu April 2019 lalu. Pihaknya sudah menyurati secara resmi Ditlantas Polda Kalsel, untuk segera membuka dua layanan ini.
“Sekitar sebulan lalu kita kirim surat permohonan resmi ke ditlantas, mungkin saat ini sedang dibahas dan dipelajari oleh mereka,” jelas Aminuddin.

Namun begitu Aminuddin memastikan, belum beroperasinya kembali dua layanan itu di Banjarmasin, tidak sampai mengurangi pendapatan daerah dari sektor pajak.
“Kan mereka masih bisa bayar di kantor Samsat. Dan kondisi ini hanya berlangsung di kota Banjarmasin, sedangkan daerah lainnya di Kalsel, layanan Samsat keliling tetap jalan,” tambahnya lagi.

Selain itu, sebagai antisipasi dari belum beroperasinya kembali Samsat Keliling dan Samsat Corner, pihak Bakeuda juga memaksimalkan layanan Samsat Jemput Antar dengan roda 2. Layanan ini sangat tepat bagi wajib pajak, yang tidak memiliki banyak waktu saat hari kerja.
“Cukup menelpon nomor kontak yang ditetapkan, maka wajib pajak dapat membayar pajak tanpa harus ke kantor Samsat. Layanan ini juga tidak dipungut biaya,” tegas Aminuddin.

  • Berikut adalah nomor layanan Samsat Jemput Antar untuk wilayah Banjarmasin, yakni 0851 0067 3444 untuk wilayah Samsat Banjarmasin 1, dan 0821 5362 8916 untuk wilayah Samsat Banjarmasin 2. Sementara untuk nomor WA layanan jemput antar wilayah Samsat Banjarmasin 2, adalah 0853 4981 1111. (RIW/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?