25 Oktober 2021

Desa Batik Batola, Jadi Desa Tangguh Bencana

2 min read

BATOLA – Untuk memulai program desa tangguh bencana atau destana di desa Batik Kecamatan Bakumpai Kabupaten Barito Kuala, BPBD Kalsel menggelar rapat bersama BPBD Batola dan aparat desa, Jumat (19/7) sore di Marabahan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kalsel Sahruddin mengungkapkan, desa tanggung bencana di bumi Selidah ini, akan dilakukan mulai Juli hingga akhir November, dengan menunjuk dua fasilitator, dan kepala BPBD Batola sebagai koordinatornya.

“Kegiatan selama desa tangguh bencana ialah melatih 40 relawan tentang menajemen penanganan kebencanaan. Diharapkan desa sudah mahir dan tanggap dalam menangani bencana saat terjadi,” ujarnya

Menurutnya lagi, tidak hanya menangani di daerah sendiri, relawan yang telah dilatih dapat membantu desa tetangga apabila dilanda bencana.
“Semoga relawan tersebut dapat mencegah terjadinya bencana terutama mengedukasi masyarakat, agar tidak membakar hutan dan lahan,” ujarnya lagi.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Batola Sumarno berjanji siap mengawal program Desa Tangguh Bencana di daerahnya.
“Di Batola ada 6 desa yang sudah menjadi desa tanggung bencana, baik dari BNPB dan BPBD Kalsel, diharapkan semua desa sebanyak 201 bisa menjadi desa tangguh bencana,” jelasnya

Di lokasi yang sama, Kasubid Kesiapsiagaan BPBD Kalsel, Muhari mengatakan kegiatan desa tangguh bencana di desa Batik dilaksanakan dalam 12 kali pertemuan yang akan dibantu dua fasilitator, dan terakhir akan dilatih ditingkat provinsi dengan peserta dari Batola dan Balangan.

“Desa juga akan diberi peralatan mesin pemadam, peserta akan dibantu transport, dan kelengkapan pakaian,” jelasnya pula.

Untuk diketahui, desa Batik sangat layak menjadi desa tangguh bencana karena dari jumlah penduduk sekitar 1340 jiwa, sangat rawan terjadi bencana kebakaran lahan.

Desa Batik berjarak 4 kilometer dari pusat kota Marabahan, masyarakatnya kebanyakan lulusan SMA dengan bekerja sebagai petani, dan buruh sawit. (HUMBPBDKalsel/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?