21 Oktober 2021

2020, Dinas P3A Bangun Ruang Bermain Anak Dan PAUD

2 min read

BANJARMASIN – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Provinsi Kalsel berencana akan membangun infrastruktur berupa ruang bermain ramah anak dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pada tahun 2020 mandatang. Khususnya tempat penitipan anak bagi karyawati yang bekerja di lingkungan Pemprov Kalsel di Banjarbaru.

“Disana juga banyak karyawati yang mempunyai anak balita agar anak-anak mereka dapat terpenuhi hak-haknya untuk mendapatkan ASI eksklusif dan mereka dapat berinteraksi, tidak perlu pulang ke Banjarmasin,” demikian dikatakan Kepala Dinas P3A Kalsel, Husnul Hatimah kepada wartawan, usai rapat bersama Komisi IV DPRD Kalsel di Banjarmasin, Kamis (18/7).

Menurut Husnul, pihaknya memfasilitasi sarana tersebut khususnya untuk kepentingan pegawai dan karyawati di lingkup Pemprov. Ia mengungkapkan setiap SKPD lingkup Pemprov wajib menyediakan tempat ruang laktasi bagi para ibu agar mereka bisa menyapih dan menyimpan ASI eksklusifnya dengan mengacu kepada surat edaran Gubernur Kalsel.

“Nanti kita akan melakukan evaluasi mana SKPD yang sudah siap menyediakan ruang laktasi dan mana SKPD yang belum siap,” katanya lagi.

Terkait anggaran, Husnul mengungkapkan pihaknya telah mengajukan anggaran untuk program tahun 2020 sebesar Rp18 miliar lebih. Namun setelah diverifikasi oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Provinsi Kalsel terjadi pengurangan anggaran menjadi Rp12,5 miliar.

Jumlah tersebut mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan anggaran tahun 2018 sebesar Rp8,7 miliar saja. Namun, jumlah anggaran tersebut dinilai masih kurang, mengingat luas wilayah kerja Dinas P3A Kalsel meliputi 13 kabupaten-kota yang secara keseluruhan bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan dan memberikan perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak.

“Dengan adanya pengurangan anggaran tersebut, kami juga melakukan pengurangan beberapa program kerja di tahun 2020 seperti pembuatan website responsif gender,” jelasnya.

Husnul berharap TAPD Kalsel lebih responsif terhadap program kerja Dinas P3A. Terlebi program P3A ini juga turut menguatkan visi misi Gubernur Kalsel dalam meningkatkan kualitas SDM yang agamis, sehat, terampil dan berkarakter. (NRH/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?