21 Oktober 2021

Peran Masyarakat Sangat Dibutuhkan Cegah Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik

2 min read

BANJAR – Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar menggelar Pembinaan Kader Pencegahan dan  Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Terpadu Tingkat Kabupaten Banjar Tahun 2019, Rabu  (17/7) lalu di Aula Baiman Bappeda Litbang Pemkab Banjar Martapura.

Saat pembinaan kader berlangsung.

Acara dibuka oleh Penjabat Sekda Banajr I Gusti Nyoman Yudiana, didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Ikhwansyah dan di hadiri langsung dari Dirjen Kementrian Kesehatan RI Suwito, serta diikuti puluhan Kader-kader pembina Kesehatan di Kabupaten Banjar.

I Gusti Nyoman Yudiana mengatakan atas nama pemerintah Kabupaten Banjar, Bupati Banjar sangat mengapresiasi atas di selenggarakannya kegiatan ini, Ia pun berterimakasih kepada Dirjen Kementrian Kesehatan Ripublik Indonesia yang telah mau datang memilih Kabupaten Banjar menjadi salah satu daerah untuk digelarnya pembinaan para kader-kader pencegahan dan Pengendalian Tular Vektor dan Zoonotik di Kabupaten ini.

“Kalau melihat dari pentingnya pengetahuan kesehatan tentu bisa di mulai dari anak-anak,  sehingga kedepanya perlu adanya koordinasi pihak Dinas Kesehatan dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar, untuk memberikann sosialiassai melalui kader-kader ini pada setiap sekolah,” ungkapnya.

Dengan begitu lanjut Nyoman, mereka mengetahui bagaimana cara mengelola lingkungan yang sehat, misalnya dengan cara memberantas sarang nyamuk yakni 3 M yakni menguras, menutup dan mengubur. Sehingga salah satu faktor penyebab penyakit tular Vektor bisa di cegah.

Direktorat Pengendalian dan Pecegahan Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kementrian Ripublik Indonesia Suwito saat diwawancarai.

Sementara itu Kepada Abdi Persada FM, Direktorat Pengendalian dan Pecegahan Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kementerian Republik Indonesia Suwito mengatakan, yang menentukan terjangkitnya penyakit Tular Vektor ini di karenakan faktor lingkungan dan binatang yang membawa penyakit. Sehingga sangat di butuhkan peran serta masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanggulannya.

Menurut Suwito penyebaran penyakit Tular Vektor ini bisa terjadi di berbagai tempat, baik di rumah, sekolah atau di tempat-tempat umum.

“Dan untuk melakukan pencegahan ini dibutuhkan tidak hanya dari tim dinas kesehatan saja, namun harus melibatkan masyarakat umum karena peran mereka sangat strategis untuk pengendalian penyakit tular vektor dan binatang pembawa penyakit,” ucapnya.

Masih ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Ikhwansyah mengatakn kegiatan pembinaan kader-kader ini sudah pernah dilakukan beberapa kali dalam upaya pencegahan dan pengendlian penyakit Tular Vektor dan Zoonotik atau binatang pembawa penyakit.

Menurut Ikwansyah pembinaan yang dilakukan terhadap kader-jader ini akan  dilakukan secara berkelanjutan dan akan terus di evaluasi. Ia berharap dengan adanya kegiatan yang disi oleh Direktorat kementrian Kesehatan RI ini akan menambah  wawasan para kader lebih dalam.

“Saya berharap dengan kegiatan ini akan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Banjar,” harap Ikhwansyah. (AF/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?