27 Februari 2021

2019, Di Banjarmasin Ditemukan 14 Kasus Pasung

2 min read

Pertemuan koordinasi Kota Banjarmasin bebas pasung.

BANJARMASIN – Kasus orang dengan gangguan jiwa berat dengan pemasungan, ternyata masih temukan di Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan, Banjarmasin. Dalam koordinasi Sinergitas lintas sektor untuk pelaksanaan deklarasi Banjarmasin bebas pasung, yang digelar diĀ  Aula Kayuh Baimbai, Rabu (17/7), terungkap jika terdapat 14 kasus pasung di Kota Banjarmasin.

Seperti yang diungkapkan, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Machli, dihadapan peserta yang hadir pada pertemuan tersebut.

Sementara itu, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, mengharapkan, Banjarmasin dapat menjadi kota bebas pasung di tahun 2019 ini.

Sedangkan, Kepala Dinas Sosial Kota Iwan Ristianto mengatakan, berdasarkan laporan Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, melalui pihak puskesmas, terdata di Kota Banjarmasin selama tahun 2019 ini, ada 14 kasus orang dengan gangguan jiwa yang dipasung, oleh pihak keluarganya.

“Dalam penanganan kasus pasung ini, berkoordinasi antara Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin dengan Dinas Sosial Kota Banjarmasin, serta Satpol PP Kota Banjarmasin,” ucapnya.

Sedangkan, lanjut Iwan, untuk pembiayaan orang dengan gangguan jiwa dari warga tidak mampu, akan ditanggung oleh Pemerintah Kota Banjarmasin.

Dalam kesempatan tersebut, Iwan juga mengatakan, jika pertemuan koordinasi sinergitas lintas sektor, untuk pelaksanaan deklarasi Banjarmasin bebas pasung ini, dimotori oleh Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, agar semua pihak terkait dapat melakukan koordinasi dengan cepat, dalam penanganan kasus orang dengan gangguan jiwa terutama yang sudah terpasung oleh keluarganya di Kota Banjarmasin.

“Seperti yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, rencana dari deklarasi Banjarmasin bebas pasung ini, pada tanggal 17 Agustus mendatang,” ujar Iwan.

Pada pertemuan ini dihadiri Kepala Dinas Sosial Kota Banjarmasin, Wakil Direktur RS Sambang Lihum, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, kepala puskesmas se kota Banjarmasin, dokter spesialis jiwa, lurah se kota Banjarmasin, serta Satpol PP Banjarmasin. (SRI/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.