2 Maret 2021

Peringati Hari Lansia, Pemkab Banjar Gelar Pengobatan Gratis

2 min read

Saat Pemeriksaan Para Lansia oleh Petugas Dinas Kesahatan Kabupaten Banjar.

BANJAR – Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar memperingati Hari Lanjut Usia Nasional ke 23 Tahun 2019, dengan menggelar pengobatan gratis dan sosialisasi dengan tema Lansia Sehat dan Berdaya, Keluarga Bahagia, pada Selasa (16/7) pagi, di Guest House Sultan Sulaiman Martapura.

Sosialisasi dibuka Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Raudhatul Wardiah. Hadir pula Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kasehatan Banjar Rahimayanti dan sejumlah narasumber lainnya serta di ikuti 120 peserta terdiri dari para Lansia dan Perwakilan Petugas Puskesmas se-kabaputen Banjar.

Di hadapan para lansia, Raudhatul Wardiah mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk melembagakan nilai-nilai sosial masyarakat, meningkatkan kesadaran lanjut usia, generasi penerus, keluarga dan masyarakat tentang pentingnya berbangsa dan bernegara. Tak hanya itu Raudhatul menyampaikan kegiatan ini pula bertujuan untuk mendorong motivasi individu, keluarga, masyarakat dan dunia usaha untuk meningkatkan kesejahteraan lanjut usia serta meningkatkan kerjasama lintas sektor dari pusat sampai daerah.

Raudhatul berharap kepada semua pihak untuk betul-betul menghadirkan hubungan yang erat, dan peduli antar sesama, khususnya kepada para lansia agar terciptanya suatu keharmonisan, saling menghargai, menghormati satu sama lain.

“Karena  para lansia adalah sosok yang memiliki kebijakan kearifan, dan pengalaman berharga yang dapat dijadikan teladan bagi generasi penerus dalam menentukan arah kehidupan pembangunan nasional di masa mendatang,” jelas Raudhatul.

Sementara itu Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Rahimayanti mengatakan, perhatian kepada para lansia ini tidak hanya pada momentum Hari Lansia saja.  Namun menurut Rahimayanti ini telah di lakukan mulai di tingkat kota hingga desa di Kabupaten Banjar.

“Seperti pada setiap puskesmas sudah ada alur pelayanan khusus untuk para lansia, jadi para lansia tidak perlu mengantri ketika para lansia berobat. mereka juga di beri pembinaan. di tingkat desa pun saat ini juga telah dilaksanakan Posyandu untuk Lansia yang dilakukan pada setiap bulannya,” jelas Rahimayanti.

Ia juga menjelaskan, dilihat dari provorsi jumlah penduduk di Kabupaten Banjar, untuk usia harapan hidup bagi lansia saat ini telah terjadi peningkatan,  Namun Ia berharap peningkatan usia harapan hidup ini juga harus dibarengi dengan kualitas hidup yang meningkat dan produktif. Bahkan Ia menginginkan para lansia ini dapat menjadi kader-kader potensial untuk meningkatkan kwalitas kesehatan dilingkungannya. Dengan memberikan informasi pengalaman-pengalaman yang positif kepada keluarganya maupun masyarakat sekitarnya. (AF/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.