BanjarNews

Peringati Harganas XXVI, 500 Remaja Indonesia Ikuti Genre Edu Camp

BANJAR – Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional XXVI tahun 2019, di gelar Jambore Kader Bina Keluarga (KBK) dan Genre Edu Camp, Jum’at (5/7) di Kiram Park Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar.

Pembukaan Jambore Kader Bina Keluarga Balita (BKB) dan Genre Edu Camp pada Jum’at (5/7) pagi dilakukan oleh Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, dan dihadiri langsung Kepala BKKBN Hasto Wardoyo, Kepala BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan Ina Agustina, sejumlah Pejabat Pemprov Kalsel, Perwakilan BKKBN Kabupaten Kota seluruh Indonesia dan undangan lainnya.
Acara ini diikuti 500 remaja peserta Genre Edu Camp, baik dari kalangan pelajar SMA dan Mahasiswa.

Di hadapan para peserta dan undangan yang hadir, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat Kalimantan Selatan, yang sudah mau mengikuti anjuran untuk mengikuti program keluarga berencana. Ia juga mengapresiasi upaya para motivator keluarga berencana, dengan menggunakan metode operative pria terkait dengan program penggunaan vasektomi. Dan ini tentunya telah menjadi contoh atau teladan bagi masyarakat di Kalimantan Selatan.

“Para motivator menjadi teladan bagi masyarakat Kalimantan Selatan. Suka tidak suka, bahwa yang namanya manusia ini terus berkembang biak dan selalu bertambah. Sedangkan bumi ini tidak pernah bertambah-tambah, maka peran motivator sangatlah penting untuk membangun keluarga berencana,” jelasnya.

Sementara itu Kepala BKKBN Hasto Wardoyo menyampaikan, para remaja mempunyai peran penting pada program kependudukan, Keluarga berencana dan pembangunan keluarga. Sehingga pihaknya pun sudah melibat aktifkan remaja dalam pelaksanaan program ini sejak tahun 2005, sebagai respon atas komitmen untuk memperhatikan kesehatan dan hak-hak reproduksi.
“Oleh karena itu sangat penting sekali para remaja untuk kita arahkan, kita rencanakan sejak usia dini,” katanya.

Masih di tempat yang sama Kepala BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan Ina Agustina mengatakan untuk menghadapi berbagai persoalan remaja di Kalimantan selatan saat ini, BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan berkolaborasi dengan BNN, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta pemerhati remaja untuk menangani persoalan ini. Seluruhnya telah melakukan upaya melalui berbagai program lintas sektor.
“BKKBN yang merupakan Instansi pemerintah merespon berbagai persoalan remaja dengan melakukan program Ketahanan Remaja. Yaitu melaksanakan program generasi berencana melalui Genre Edu Camp ini,” jelas Ina Agustina.

Lebih lanjut Ina menyampaikan, dalam rangka memberdayakan Kesehatan Keluarga dan meningkatkan sumber daya manusia maka kader BKB merupakan kunci utama menjadi penggerak pelaksana didaerahnya. Oleh karena itu, pembinaan keluarga sangat penting terutama untuk para remaja, sehingga menjadikan keluarga yang tangguh dan berkualitas serta sejahtera.

Kegiatan ini diisi pula dengan senam bersama peserta Genre Edu Camp, tarian selamat datang Radap Rahayu, pemberian penghargaan kepada para Motivator KB, dan penandatanganan Komitmen Pendewasaan Usia Perkawinan Seluruh Indonesia. (AF/RIW/MTB)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat