Barito KualaNews

Marko, Buah Unik Dari Wanaraya

BARITO KUALA – Markisa tergolong ke dalam tanaman genus Passiflora, berasal dari daerah tropis dan sub tropis di Amerika. Buah ini berbentuk bulat dan mempunyai biji berselaput kuning.

Beberapa masyarakat yang tertarik dengan keunikan buah marko.

Namun apa jadinya bila ada buah markisa yang berbentuk unik seperti organ tubuh laki-laki, buah tersebut bernama Marko. Tanaman buah Marko ini terdapat di Kabupaten Barito Kuala, tepatnya di Kecamatan Wanaraya Desa Sidomulyo.

Kepada Abdi Persada FM, Ari Ratna pemilik tanaman yang berbuah unik tersebut mengatakan, bahwa memang bentuknya seperti itu.
“Bentuknya memang seperti itu, buah ini merupakan buah markisa namun karena bentuknya unik jadi di sebut buah marko. Saya mendapatkan bibit tanaman ini dari salah satu teman yang ada di Banjarbaru dan tanaman ini sudah saya rawat kurang lebih selama 4 tahun,” jelas Ratna.

Isi buah marko yang masih muda.

Ratna menambahkan, bahwa rasa buah marko ini manis dan daging buahnya terasa seperti buah pir saat sudah masak, dan dapat dijadikan bahan es buah. Saat belum matang pun, buah ini dapat dijadikan menu sayur untuk makan, dengan cara dimasak oseng.

Ratna juga mengatakan, karena keunikan bentuk buah ini, ada saja orang-orang dari luar daerah yang sengaja datang hanya untuk melihat langsung keunikan buah tersebut. (TR01/RIW/MTB)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat