NewsProvinsi Kalsel

Paman Birin: HARGANAS XXVI Dorong Perekonomian Kalsel

BANJARBARU – Pameran dan gelar dagang HARGANAS XXVI tahun 2019 secara resmi dimulai, yang ditandai dengan pemukulan gong oleh ketua umum Tim Penggerak PKK Republik Indonesia, Erni Guntari Tjahjo Kumolo pada Kamis (4/7), bertempat di depan halaman sekretariat daerah provinsi Kalimantan Selatan.

Lebih dari 170 stand peserta dari 34 provinsi memenuhi tenda besar pameran dan gelar dagang, yang merupakan rangkaian dari peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) XXVI tahun 2019. Selain itu, lebih dari 250 usaha kecil dan menengah (UKM) juga turut serta pada acara yang berlangsung hingga Sabtu (6/7) tersebut.

“Jika dihitung indoor dan outdoor, semuanya lebih dari 250 UKM,” ujar kepala dinas perdagangan provinsi Kalimantan Selatan, Birhasani.

Ketua umum tim penggerak PKK Republik Indonesia, Erni Guntari (tengah) didampingi ketua tim penggerak PKK Kalsel (Kanan), saat mengunjungi stand-stand pameran dan gelar dagang HARGANAS.

Dengan adanya gelar dagang ini, menurut ketua umum Tim Penggerak PKK Republik Indonesia Erni Guntari Tjahjo Kumolo, merupakan upaya meningkatkan perekonomian keluarga terutama bagi usaha kecil dan menengah, di seluruh provinsi di Indonesia.

“Pameran dan gelar dagang ini merupakan salah satu upaya untuk memperkenalkan dan mensosialisasikan berbagai program pemberdayaan ekonomi keluarga, dan UMKM dari seluruh provinsi,” ujarnya saat memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi pameran dan gelar dagang HARGANAS XXVI.

Ikut sertanya BUMN maupun BUMD dan pengusaha nasional, lanjut Erni, yang menghadirkan produk dan informasi penting,  yang berkaitan dengan upaya peningkatan usaha ekonomi, merupakan cerminan konfigurasi tata kelola yang berkaitan dengan pembangunan keluarga melalui pembinaan ketahanan dan kesejahteraan keluarga secara utuh dan menyeluruh, dengan menggabungkan antara manajemen pembangunan dan manajemen pemerintahan.

“Dengan adanya pameran dan gelar dagang ini, telah mempertemukan dua unsur manajemen.  Yaitu manajemen pembangunan dan manajemen pemerintahan,” jelas Erni Guntari.

Usai pembukaan pameran dan gelar dagang ini, ketua umum Tim Penggerak PKK Republik Indonesia didampingi oleh Gubernur Kalimantan Selatan bersama-sama dengan seluruh tamu undangan dari 33 Provinsi di Indonesia, menuju lokasi pameran dan gelar dagang guna meninjau stand-stand yang ada.

Sementara itu Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, usai melakukan peninjauan di seluruh stand yang mengikuti pameran dan gelar dagang ini menyampaikan, kegiatan HARGANAS di Kalimantan Selatan ini luar biasa pengaruhnya terhadap perekonomian masyarakat di Kalimantan Selatan.

“Ada sekitar 13.000 orang yang datang, sesuai permintaan kita waktu HARGANAS di NTT agar Kalsel menjadi tuan rumah. Tentu ini sangat berdampak pada perekonomian masyarakat Kalimantan Selatan, UKM kita bergerak, hotel dan penginapan juga penuh,” terangnya.

Tidak lupa Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini mengajak kepada seluruh masyarakat untuk turut menyukseskan HARGANAS di ke-26 ini dengan memberikan pelayanan yang terbaik, menghormati semua tamu serta bersikap ramah tamah agar tamu yang datang di Kalimantan Selatan ini betah dan senang berada dibumi pangeran Antasari ini. (ASC/RIW/EYN)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat