5 Maret 2021

UMKM Teras Berdayakan Disabilitas Membuat Kerajinan Tangan Ecoprint

1 min read

UMKM Teras menampilkan hasil karya ecoprint dari penyandang disabilitas.

BANJARMASIN – Minimnya peluang kerja bagi para penyandang disabilitas khususnya autis di Provinsi Kalimantan Selatan ini, membuat UMKM Teras mengandeng para penyandang disabilitas lulusan SLB C Pembina Provinsi Kalimantan Selatan, untuk membuat kerajinan tangan. Sehingga menghasilkan pendapatan bagi para penyandang disabilitas tersebut. Hal ini disampaikan Owner UMKM Teras Faizah, kepada Abdi Persada FM, Rabu (3/7).

Faizah menyampaikan, jika hasil kerajinan tangan tersebut dari awal pembuatannya murni  dilakukan oleh para penyandang disabilitas yang tergabung dalam UMKM Teras yang ia kelola.

“Tujuan UMKM Teras melibatkan penyandang disabilitas khususnya autis, mengingat lapangan kerja untuk mereka tidak ada,” ucap Faizah.

Oleh karena itulah, lanjut Faizah, UMKM Teras Provinsi Kalimantan Selatan ini dibentuk, sebagai tempat para penyandang disabilitas  berkarya.

Menurut Faizah, produk yang mereka hasilkan merupakan produk kerajinan tangan yang ramah lingkungan, karena dalam proses pembuatan tidak menggunakan bahan kimia.

Dalam kesempatan tersebut, UMKM Teras juga meminta dukungan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan agar memberikan perhatian kepada para penyandang disabilitas di daerah ini.

“Kami mendapatkan keluhan dari orangtua dari penyandang disabilitas, jika anak-anak mereka kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan di provinsi Kalimantan Selatan,” ungkapnya lebih lanjut.

Menurut Faizah, memang selama ini perhatian pemerintah, untuk menyediakan lapangan bagi para penyandang disabilitas sangat sedikit.

“Oleh karena itulah, kami mengharapkan, dukungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, untuk memberikan bantuan pelatihan kepada para penyandang disabilitas yang ada di provinsi ini,” ucap Faizah.

Faizah mengatakan, keterampilan ecoprint yang dimiliki oleh penyandang disabilitas binaannya masih dalam tingkat dasar. Oleh karena itulah, pihaknya mengharapkan pemerintah dapat memberikan bantuan keterampilan ecoprint lebih lanjut. (SRI/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.