BanjarmasinNewsProvinsi Kalsel

RI 1 Dijadwalkan Hadiri HARGANAS XXVI Tahun 2019 Di Kalsel

BANJARMASIN – Persiapan menjelang puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) XXVI di Kalimantan Selatan sudah semakin mantap. Khususnya lokasi utama di kawasan komplek perkantoran pemprov Kalsel di Banjarbaru. Tenda-tenda ukuran sedang hingga besar, sudah terpasang sejak awal Juli 2019 di areal perkantoran tersebut,  mengingat di lokasi ini juga digelar pameran dan gelanggang dagang mulai Kamis (4/7). Sedangkan puncak acara berlangsung pada Sabtu (6/7), dimana diperkirakan 20.000 orang akan berkumpul di tempat ini, dengan 13.000 lebih diantaranya merupakan tamu serta undangan dari luar daerah. Mulai dari kepala daerah hingga menteri kabinet kerja. Bahkan dijadwalkan, presiden Joko Widodo juga akan berhadir pada puncak peringatan HARGANAS XXVI tahun 2019 ini.

Soal kepastian kehadiran orang nomor satu di Republik Indonesia itu,  Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Abdul Haris Makkie mengaku belum dapat memastikannya hingga 100 persen. Meskipun Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor secara langsung sudah menyampaikan permintaan, agar presiden berhadir ke Kalsel.

“Paman Birin (sapaan khas gubernur Kalsel) sudah menemui presiden di istana Bogor, dan bertatap muka langsung. Di sana gubernur sudah menyampaikan harapan masyarakat Kalsel, agar pak Jokowi hadir pada HARGANAS. Walau mengiyakan, namun masih belum ada kepastian soal kehadirannya. Kita tunggu satu sampai dua hari ke depan soal itu,” jelasnya di hadapan puluhan wartawan cetak, elektronik dan online yang hadir pada jumpa pers HARGANAS XXVI tahun 2019 di kantor PWI Kalsel pada Rabu pagi (3/7).

Lebih lanjut dalam pemaparannya, Haris mengatakan, persiapan puncak peringatan HARGANAS XXVI tahun 2019 di komplek perkantoran pemprov Kalsel pada Sabtu (6/7) mendatang, dipastikan masih dengan skema kehadiran RI 1 di venue tersebut.

“Iya, meski belum ada kepastian soal kehadiran presiden, namun rundown acara tetap mengikuti protokol kehadiran RI 1. Dengan kata lain, aturan di lokasi disesuaikan dengan keprotokolan istana, sampai ada kepastian berikutnya,” tutupnya.

Dalam pemaparannya didampingi ketua PWI Kalsel Zainal Helmi, Haris juga memastikan bahwa gelaran HARGANAS akan mendorong perekonomian Kalsel ke arah positif. Terutama sektor UKM, yang bersentuhan langsung dengan para tamu dan undangan yang hadir. Salah satu diantaranya adalah para pedagang Pasar Terapung, yang biasanya hanya berjualan setiap akhir pekan di Siring Menara Pandang Banjarmasin, justru sudah menggelar dagangannya sejak Rabu (3/7). Ini tidak lepas dari rangkaian acara HARGANAS, yang juga digelar di Siring Menara Pandang. Diharapkan, dari belasan ribu tamu dan undangan yang menginap di hotel kawasan kota Banjarmasin, dapat menikmati wisata sungai bersama para Acil (julukan pedagang pasar terapung) dan menikmati sajian kuliner serta dagangan khas Pasar Terapung. Apalagi di lokasi yang sama, juga berlangsung Banjarmasin Food Festival yang sebagian besar pesertanya adanya pelaku UKM di Banjarmasin dan sekitarnya. (RIW/RDM/RRF)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat