21 Oktober 2021

496 CJH Kabupaten Banjar Siap Berangkat ke Tanah Suci

2 min read

BANJAR – Sebanyak 496 Calon Jema’ah Haji (CJH) Kabupaten Banjar Tahun 2019, di lepas  langsung Bupati Banjar Khallilurrahman, pada Selasa (2/7) pagi di Gedung Sultan Adam Martapura.

Keseluruhan yang akan berangkat tersebut yakni, 493 CJH, 2 orang Tim Pemandu Haji Derah (TPHD) kabupaten dan 1 orang TPHD provinsi. Untuk Jama’ah haji termuda berusia 18 tahun dan yang tertua berusia 97 tahun.

Kegiatan pelepasan di rangkai dengan acara Sholat Hajat berjamaah, Pembacaan Surah Yasin dan Sholawat Kamilah yang di pimpin Ketua MUI Kabupaten Banjar Guru Fadlan Asy’ Ari, kemudian dilanjutkan Pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Qori Sairoji yang merupakan juara 3 MTQ Nasional Nusa Tenggara Barat. Pelepasan di hadiri pula sejumlah Pejabat Lingkup Banjar dari Perwakilan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Banjar, Forkopimda Banjar, Tokoh agama dan Tokoh Masyarakat.

Dihadapan para jama’ah Bupati Banjar yang Akrab disapa Guru Kholil ini menyampaikan ucapan selamat dan bersyukur untuk para CJH Kabupaten ini yang telah di berikan kesempatan menjadi tamu Allah dalam menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekah.

“Saya berharap para calon Haji dapat mempersiapkan diri sebaik-baiknya baik dari kesehatan maupun mental dan meningkatkan Ibadah serta mendekatkan diri kepada Allah SWT,” harap Guru Kholil.

Sementara itu  Kepala Sub Bidang Tata Usaha Kantor Kementrian Agama Kabupaten Banjar Imam Gozali menjelaskan, 496 calon Jema’ah haji tersebut terdiri dari 227 laki-laki dan 269 perempuan, menurut Imam Gozali berdasarkan Undang-undang Nomor 13 tahun 2018 tentang penyelenggraan ibadah haji, ada tiga unsur pilar yang dilakukan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjar, yakni memberikan pembinaan, Pelayanan dan perlindungan kepada para calon jema’ah haji. Oleh karena itu pihaknya telah menyelenggarakan beberapa kali pembinaan manasik haji masal, maupun manasik haji kelompok.

Imam Gozali juga menjelaskan 496 Calon Jema’ah haji ini keberangkatanya terbagi lima kloter,  yakni Kloter tiga terdiri dari 320 orang, dan akan masuk asrama pada 8 Juli mendatang, selanjutnya Kloter lima  sebanyak 39 orang  calon haji gabungan yang akan masuk asmara pad 12 Juli. Kemudian Kloter enam sebanyak 90 orang calon haji gabungan dan masuk asrama 14 Juli, sedangkan Kloter 12 sebanyak 27 orang  yang akan masuk asrama pada 23 Juli mendatang merupakan gelombang kedua dan Kloter 19 sebanyak 21 calon haji  gabungan yang masuk asrama pada 2 Agustus mendatang pula yang juga masuk pada gelombang kedua.

“Pada Keberangkatan Calon Haji Kabupaten Banjar Tahun ini Lansia berjumlah 14 orang dan termuda 2 orang, semoga Jama’ah  Haji Kabupaten Banjar sehat wal afiat dalam melaksanakan ibadah haji dan mendapatkan Haji yang Mabrur,” pungkasnya.  (AF/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.
×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?