15 April 2021

Warga Diminta Waspada Kekeringan Dan Karhutla

1 min read

Kepala Pusat Layanan Informasi Iklim Terapan BMKG, Nasrullah..

BANJARMASIN – Sekitar 35 persen wilayah Indonesia sudah memasuki musim kemarau. Kepala Pusat Layanan Informasi Iklim Terapan BMKG, Nasrullah mengatakan, musim kemarau tahun ini diperkirakan terjadi mulai bulan Juni sampai Agustus 2019 mendatang.

“Di wilayah Indonesia sekitar 35 persen sudah memasuki musim kemarau, diantaranya Jawa Tengah, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat dan Bali,” jelasnya.

Oleh karena itu, ia berharap kondisi musim kemarau tahun ini harus diantisipasi sedemikian rupa dengan cara bagaimana memanfaatkan air yang ada.

“Karena biasanya musim kemarau ditandai dengan kekeringan. Maka harus ada strategi yang dilakukan misalnya dengan menghemat air atau tidak menanam tanaman yang memerlukan air yang banyak,” katanya.

Selain itu, warga juga perlu waspada akan potensi kebakaran hutan dan k. Sehingga tidak boleh melakukan perbuatan yang dapat memicu karhutla, seperti membuang puntung rokok atau membakar lahan sembarangan.

“Maka kita semua berkewajiban beradaptasi atau menyiasati kondisi kemarau yang akan melanda, ” harapnya.

Untuk diketahui, kedatangan Nasrullah ke Banjarmasin untuk membuka kegiatan Sekolah Lapang Iklim (SLI) Sosialisasi Agro Klimat Kalsel yang dilaksanakan BMKG Kalsel di salah satu hotel di Banjarmasin pada 25 – 27 Juni 2019. (NRH/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.