2 Maret 2021

Tingkatkan SDM, BPBD Banjar Gelar Pelatihan Dapur Umum

1 min read

Peserta Pelatihan Dapur Umum BPBD Banjar Foto bersama usai gelar Pelatihan.

BANJAR – Untuk Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dilingkungannya dalam penanganan pasca bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar menggelar Pelatihan Dapur Umum, Rabu (26/6) di Kantor BPBD Kabupaten Banjar Jalan Sekumpul Ujung, Desa Inderasari kecamatan Martapura, yang diikuti sebanyak 25 orang karyawan BPBD Banjar.

Kepala Bidang Kedaruratan dan logistik BPBD Banjar Ricky Ferdyanto saat ditemui di Kantornya.

Kepala BPBD Kabupaten Banjar Muhammad Irwan Kumar melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan logistik Ricky Ferdyanto kepada sejumlah wartawan saat di temui di tempat kerjanya, Kamis (27/6) lalu memgatakan, untuk Narasumbernya didatangkan dari salah satu pegusaha Katering di kabupaten ini. Adapun kegiatan pelatihan dapur umum tersebut Ricky menjelaskan, menggunakan konsep cara memasak yang cepat, bahan sederhana dan bergizi serta layak untuk di sajikan.

Dijelaskan Ricky pula, untuk bahan-bahan yang digunakan biasanya bahan mudah di dapat yang berada sekitar tempat atau kondisi kejadian seperti telur, ikan, sayuran-sayuran maupun tempe.

“Saat itu, kita coba masak capcai dan ketoprak, yang jelas menu masakan yang kita buat nantinya bisa menyesuaikan dengan lokasi kejadian agar mudah didapat,” jelasnya.

Menurut Ricky kegiatan pelatihan dapur umum ini hampir setiap tahun dilaksanakan. Meskipun, pelatihan dapur umum hanya diikuti 25 orang karyawan BPBD Banjar. Namun, untuk dilapangan menurut Ricky, pihaknya tetap bekerjasama dengan Tagana.

“Dengan 1 unit mobil truck berisikan perlengkapan dapur umum, kita bisa dengan cepat menuju lokasi kalau-kalau nantinya diperlukan,” ungkapnya.

Dikatakan Ricky, dengan mensiagakan 50 orang tim dapur umum, waktu untuk memasak hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam. (AF/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.