BanjarmasinNews

Parenting Merupakan Softskill Yang Penting Untuk Para Orang Tua

BANJARMASIN – Jumat (28/6), Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Kalimantan Selatan menggelar acara Penyuluhan Pemenuhan Hak Anak Bagi Kader Posyandu, Lembaga Masyarakat, Dunia Usaha dan Media massa di salah satu hotel di Banjarmasin.

Acara ini pun terselenggara karena mengacu pada peraturan daerah Provinsi Kalimantan Selatan Nomor 11 tahun 2018 tentang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, pasal 24 yang menyatakan bahwa pemenuhan hak anak menjadi kewajiban pemerintah daerah, orang tua dan masyarakat.

Dalam acara tersebut Kepala Dinas P3A Provinsi Kalsel Husnul Hatimah mengatakan, pemerintah tidak bisa menjamin anak sendiri demi menjadikan anak sebagai anak-anak yang berkualitas.

“Semua pihak memang harus terlibat dalam membentuk anak-anak berkualitas di Indonesia terkhusus di Kalimantan Selatan,” ucap Husnul

Sementara itu salah satu pemateri dalam acara dari TP PKK Provinsi Kalsel Pokja 1 Wardah Hayati mengatakan, ilmu parenting penting untuk dipelajari karena dalam penerapan pola asuh saat ini masih belum update atau belum menyesuaikan dengan zaman.

“Pola asuh yang sama diterapkan secara turun temurun padahal pola asuh harus berubah mengikuti zaman,” jelasnya

Hayati menambahkan dengan pola asuh yang baik dan benar pasti mampu membentuk karakter anak yang baik dan berkualitas, orang tua harus bisa sekaligus menjadi teman anak dalam artian bisa menjadi pendengar yang baik pada anak.

“Ada beberapa tahapan pola asuh mulai dari dalam kandungan, saat anak masih umur 0-6 tahun, dan sampai 18 tahun mempunyai pola yang berbeda,” pungkas Hayati. (TR01/RDM/MTB)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat