NewsProvinsi Kalsel

Lulusan FKG ULM, Jadi Incaran Pemerintah Daerah Di Kalsel

BANJARMASIN – Terhitung sejak berdiri pada September 2009 hingga Juni 2019, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Lambung Mangkurat (FKG ULM) sudah meluluskan 114 dokter gigi. Terakhir pada 26 Juni lalu, FKG ULM meluluskan 13 dokter gigi angkatan ke-15. Bahkan mereka pun sudah mengambil sumpah sebagai dokter gigi, pada hari yang sama dengan disaksikan para orangtua mereka. Meskipun baru lulus dan membacakan sumpah sebagai dokter gigi, ternyata sudah banyak daerah di Indonesia yang mengincar mereka untuk dipekerjakan disejumlah fasilitas kesehatan. Termasuk 13 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan. Hal ini menyusul masih minimnya tenaga dokter gigi di Indonesia, dimana terdapat 43 persen fasilitas kesehatan di Kalsel yang belum memiliki tenaga dokter gigi.

Menurut Dekan FKG ULM Rosihan Adhani, setiap tahunnya lulusan FKG ULM sudah “dipesan” oleh daerah di Kalsel dan Indonesia, agar dapat mengabdi didaerahnya. Termasuk dokter gigi yang baru lulus pada Juni 2019 ini.
“Ya, sudah ada 2 kabupaten yang jauh-jauh hari meminta secara khusus, agar lulusan FKG ULM mengabdi didaerahnya. Sebut saja kabupaten Balangan, sudah minta 2 dokter gigi kepada kami. Bahkan mereka menawarkan gaji 10 juta rupiah per bulan. Dan tawaran ini sudah direspon salah seorang lulusan,” jelasnya.

Sebelumnya menurut Rosihan, kabupaten Tabalong juga sudah memesan lulusan FKG ULM sebanyak 10 orang. Sayang saat itu berbarengan dengan pendaftaran CPNS. Sehingga banyak lulusan FKG ULM, yang terserap melalui jalur tersebut.
“Kami juga sangat memerlukan tenaga 20 dosen. Dan baru terpenuhi sebanyak 16 orang. Sehingga masih tersisa tempat, bagi dokter gigi yang berminat menjadi dosen di FKG ULM,” tambah lelaki yang pernah menjabat sebagai kepala dinas kesehatan provinsi Kalsel di era gubernur Rudy Ariffin. (RIW/RDM/MTB)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat