12 April 2021

Di Indonesia, RSGM Gusti Hasan Aman, Satu-Satunya Yang Mengantongi Izin Sebagai Rumah Sakit Pendidikan

2 min read

Direktur RSGM Gusti Hasan Aman Banjarmasin.

BANJARMASIN – Tahukah Anda, bahwa sejak April 2019 lalu, satu – satunya Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Gusti Hasan Aman yang dimiliki pemerintah provinsi Kalimantan Selatan, sudah mengantongi izin sebagai rumah sakit pendidikan. Dengan kata lain, rumah sakit ini dapat menjadi wahana pendidikan dan praktik para calon dokter gigi, terutama dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Lambung Mangkurat (FKG ULM). Bahkan, status rumah sakit gigi pendidikan ini, adalah yang pertama diberikan kepada RSGM Gusti Hasan Aman oleh Kemenkes RI.

Padahal menurut Direktur RSGM Gusti Hasan Aman Banjarmasin Sapta Rianta Hutasoit, dari 33 RSGM yang ada di seluruh Indonesia, 29 diantaranya sudah menjadi wahana dan wadah pendidikan serta praktik bagi calon dokter gigi. Tetapi ternyata, tidak ada satupun yang mengantongi izin dari menteri kesehatan.
“Rumah sakit tidak dapat begitu saja menjadi tempat pendidikan calon dokter, tanpa adanya izin dari kementrian kesehatan. Karena itulah kita berupaya untuk mengurus perizinan tersebut dan mendapat visitasi pada Februari lalu. Namun baru April kemarin kita mendapat jawaban persetujuan menjadi rumah sakit pendidikan, setelah SK nya ditandatangani langsung oleh menkes,” jelasnya.

Untuk mendapatkan izin atau status sebagai rumah sakit pendidikan pun, menurut Sapta tidak mudah. RSGM harus terlebih dulu terakreditasi paripurna.
“Dan kita sudah mencapai akreditasi paripurna pada 2018 lalu. Sehingga langkah kita untuk menaikkan status sebagai rumah sakit pendidikan pun semakin mudah. Ini semua juga tidak lepas dari upaya pemerintah provinsi untuk terus menambah fasilitas kesehatan di rumah sakit ini,” tambahnya.

Setiap harinya, rumah sakit gigi dan mulut milik pemerintah provinsi Kalsel ini, menerima hingga 200 pasien dengan berbagai keluhan. Terbanyak adalah dengan keluhan gigi berlubang. Seluruh keluhan itu, dapat ditangani para dokter gigi di rumah sakit ini, yang sebagian besar diantaranya merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Lambung Mangkurat. (RIW/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.