3 Maret 2021

Raperda Sekolah Keagamaan Alami Perubahan Judul

1 min read

Ketua Pansus Raperda Pemberdayaan Sekolah Keagamaan dan Ponpes di Kalsel, M. Lutfi Saifuddin.

BANJARMASIN – Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pemberdayaan Sekolah Keagamaan dan Pondok Pesantren mengalami perubahan judul menjadi Raperda tentang Fasilitasi Pembinaan dan Pendidikan Karakter. Hal itu disampaikan Ketua Pansus Pemberdayaan Sekolah Keagamaan dan Ponpes, Muhammad Lutfi Saifuddin kepada wartawan, usai rapat Pansus di ruang Komisi IV DPRD Kalsel di Banjarmasin, Kamis (27/6).

“Karena berdasarkan kami telah melakukan konsultasi dan studi banding ke beberapa daerah, akhirnya kami merubah judul raperda menjadi fasilitasi pembinaan dan pendidikan karakter,” katanya.

Menurutnya, hal itu dikarenakan permasalahan keagamaan tersebut merupakan kewenangan Pemerintah Pusat sehingga Pansus melakukan penyesuaian dengan mengganti judul raperda tersebut. Meskipun judulnya berubah, namun Lutfi menegaskan bahwa subtansi raperda tidak berubah yaitu ingin memberikan bantuan kepada lembaga-lembaga pendidikan keagamaan di Kalsel yang sangat intens dalam melakukan pembinaan karakter para siswanya di Banua.

“Bantuan tersebut namanya bukan Bosda tapi bentuknya mirip-mirip Bosda. Nanti bukan hibah, tapi berupa bantuan keuangan. Kalau hibah kan tidak bisa terus menerus setiap tahun. Kalau bantuan keuangan ini bisa kita berikan setiap tahun, ” jelasnya.

Lutfi menambahkan nanti Raperda ini akan diperkuat dengan Peraturan Gubernur (Pergub) agar di dalam bantuan keuangan itu bisa juga untuk membantu guru-guru honorer di sekolah keagamaan baik di Madrasah maupun Ponpes.

“Jadi bukan hanya bantuan untuk operasional pendidikan sekolah tapi juga menyentuh guru-guru honorernya,” katanya.

Politisi Partai Gerindra ini menargetkan Raperda ini bisa rampung paling lambat Agustus 2019.

“Setelah rapat hari ini, kami akan dilakukan perbaikan terhadap materi raperda, kemudian finalisasi, selanjutnya nanti dilakukan uji publik dengan mengundang stakeholder maupun pihak-pihak terkait, ” pungkasnya. (NRH/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.