13 April 2021

Besi Magnet, Modus Baru Pengedaran Narkoba

1 min read

Petugas Polsek Timur saat menggiring pelaku.

BANJARMASIN – Banyak caral yang dilakukan oleh pengedar narkoba untuk mengelabui petugas kepolisian, salah satunya dengan menggunakan magnet. Aksi penggunaan magnet ini, berhasil diungkap pada saat petugas polsekta Banjarmasin Timur menangkap pengedar narkoba jenis sabu berinisial M warga Jalan Prona, Kecamatan Banjarmasin Selatan. Hal ini disampaikan Kanit Reskrim Polsekta Banjarmasin Timur Iptu Timur Yono, kepada sejumlah wartawan, Kamis (27/6).

Iptu Timur menyampaikan, pengedar narkoba jenis sabu berinisial M warga Jalan Prona, Kecamatan Banjarmasin Selatan ini, berhasil mereka tangkap di rumahnya, pada Senin 24 Juni 2019.

Menurut Timur, tersangka pengedar narkoba ini, merupakan pengedar narkoba yang sering beroperasi di wilayah hukumnya.

“Pada saat menangkap tersangka, petugas berhasil mengamankan barang bukti 11 paket narkoba jenis sabu seberat 5,08 gram,” ungkap Iptu Timur.

Menurut Timur, tersangka M ini mereka jerat dengan pasal pasal 112 ayat (1) Undang Undang RI No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Dalam kesempatan tersebut, Iptu Timur juga menyampaikan, saat ini pihaknya juga berhasil mengungkapkan modus baru, yang digunakan oleh para pengedar narkoba di Kota Banjarmasin. Yaitu, penggunaan magnet pada kaleng penyimpanan narkoba mereka.

Menurut Timur, alasan penggunaan magnet pada kaleng penyimpanan narkoba tersebut. Karena, wilayah Banjarmasin ini merupakan daerah rawa dan air. Sehingga, pada saat dilakukan penangkapan para pengedar dapat membuang barang bukti mereka ke rawa atau sungai.

“Ketika dibuang ke rawa atau sungai ini, pengedar akan mudah mendapatkan kembali barang bukti yang mereka buang tersebut. Karena pada kaleng telah ditempel magnet,” ucapnya.

Timur mengatakan, untungnya saat ini petugas mengetahui modus tersebut. Sehingga, barang bukti dapat ditemukan meski dibuang ke rawa atau sungai. (SRI/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.