12 April 2021

Sambut Pilkada, Bawaslu Kalsel Resmikan Media Center

2 min read

Ketua Bawaslu Kalsel saat memberikan keterangan kepada wartawan pada Senin (24/06).

BANJARMASIN – Media center adalah pusat atau sarana pengelola komunikasi dan informasi berbasis teknologi atau berbasis internet (online), yang digunakan untuk menghimpun, mengolah, menyediakan, dan menyebarluaskan informasi pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten/kota kepada masyarakat, serta menampung umpan balik dari masyarakat terhadap kebijakan pemerintah.

Media center dapat juga menjadi wadah berkumpulnya para jurnalis, untuk saling berdiskusi, baik dengan sesama jurnalis atau narasumber, terkait informasi yang akan dan harus disampaikan kepada masyarakat. Dengan kata lain, media center perlu untuk dimiliki semua instansi pemerintah dan swasta, untuk menyampaikan informasi ataupun data valid kepada masyarakat melalui media massa. Hal itulah yang disadari betul oleh Bawaslu Kalsel, yang kemudian membentuk media center dan meresmikannya pada Senin sore (24/6).

Peresmian media center ini dihadiri seluruh jajaran komisoner Bawaslu Kalsel dan kabupaten/kota, serta para jurnalis yang selama ini rutin memberitakan Bawaslu.

“Saya mengucapkan terima kasih pada para wartawan yang sudah hadir mengikuti kegiatan launching media center Bawaslu Kalsel. Peresmian ini adalah simbol begitu pentingnya media dalam mengikuti dan juga mengawasi tahapan Pilkada,” ujar ketua Bawaslu Kalsel Erna Kasypiah dalam sambutannya pada acara peresmian media center Bawaslu dikantornya kawasan jalan RE Martadinata Banjarmasin, pada Senin (24/6).

Masih menurut Erna, Bawaslu dan wartawan, memiliki pola kerja yang hampir sama, yakni menjaga keindependensian pelaksanaan Pilkada.

“Melalui peresmian media center ini, saya berharap dapat semakin mempererat silaturahmi, serta pola kerjasama dengan para awak media. Tujuannya agar informasi tentang Pilkada Kalsel dapat tersebar dengan baik. Apalagi tahun depan pilkada di Kalsel meliputi 7 kabupaten/kota sekaligus, plus pemilihan gubernur dan wakil gubernur,” tambahnya.

Sementara itu, menurut Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalsel Zainal Helmi yang hadir pada  peresmian media center ini merupakan yang pertama di provinsi Kalsel, dalam rangka pelaksanaan Pilkada serentak 2020.

“Ini adalah sebuah langkah bagus yang dilakukan Bawaslu, untuk memudahkan para jurnalis mendapatkan data dan informasi terkini dan valid soal Pilkada. Sehingga berita yang disampaikan kepada masyarakat pun lebih terpercaya, karena bersumber langsung dari narasumber yang berkompeten. Saya harap langkah Bawaslu ini, segera diikuti oleh lembaga lainnya, salah satunya KPU,” ujarnya saat membacakan sambutan sekaligus tanggapan PWI soal keberadaan media center di Bawaslu.

Perlu diketahui, bahwa akan ada 8 daerah yang menggelar pesta demokrasi serentak, pada Desember 2020 mendatang.  Yakni Kota Banjarmasin, kota Banjarbaru, kabupaten Banjar, Hulu Sungai Tengah (HST), Balangan, Tanah Bumbu, Kotabaru, dan provinsi Kalsel. Tahapan pilkada itu akan dimulai pada September 2019, berupa pendaftaran nama bakal calon kepala daerah, yang akan bersaing akhir tahun depan, baik di tingkat kabupaten/kota maupun provinsi. (RIW/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.