12 April 2021

13 Kloter Haji Kalsel, Siap Berangkat Mulai 9 Juli 2019

2 min read

Kakanwil Kementrian agama Kalsel (tengah depan) saat memberikan keterangan kepada wartawan.

BANJARBARU – Musim haji tahun 2019 segera tiba, yakni pada awal Juli 2019. Secara nasional, musim haji dimulai dengan diberangkatkannya kloter pertama pada 8 Juli nanti. Sementara untuk Embarkasi Banjarmasin, yang mencakup jemaah calon haji asal Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, pemberangkatan kloter pertama asal kabupaten Hulu Sungai Selatan dan kota Banjarmasin dilaksanakan pada Selasa (9/7), setelah sebelumnya para jemaah diwajibkan masuk asrama pada sehari sebelumnya Senin (8/7).

Tercatat tahun ini, jumlah jemaah calon haji yang berangkat melalui Embarkasi Banjarmasin, mencapai 5.577 orang. Dimana 4.220 jemaah diantaranya, berasal dari Kalimantan Selatan.

Menurut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Selatan Noor Fahmi, tahun ini ada kuota tambahan sebanyak 10.000 jemaah yang diberikan pemerintah Arab Saudi untuk Indonesia. Dari jumlah tersebut, Kalimantan Selatan mendapat jatah kuota tambahan sebanyak 324 jemaah.
“Semula jumlah kloter yang berangkat tahun ini hanya 12 saja. Namun dengan adanya kuota tambahan ini, maka bertambah menjadi 13 kelompok terbang. Mereka terdiri dari para lansia 86 orang beserta pendampingnya, dengan total 172 orang. Sedangkan sisanya 152 orang, merupakan jemaah antrean berikutnya dalam daftar tunggu haji Kalsel,” jelasnya.

Lebih lanjut Fahmi mengatakan, kuota haji tambahan sebanyak 324 orang tersebut, diberi waktu pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) hingga 25 Juni mendatang. Namun hingga pekan ini, tersisa 54 orang yang belum melakukan pelunasan dari kuota haji tambahan tersebut.
“Jika hingga 25 Juni mereka belum melunasi BPIH, maka jatah mereka akan diberikan kepada lansia dalam antrean haji. Para pengganti ini masih diberi waktu hingga 29 Juni untuk melakukan pelunasan BPIH,” tambahnya lagi.

Sementara itu, menurut Kepala Bidang Perencanaan Haji Garuda Indonesia Budi Haryono, pesawat yang akan memberangkatkan jemaah calon haji Embarkasi Banjarmasin, sudah berada di bandara Syamsudin Noor pada 2 Juli mendatang. Tujuannya untuk memastikan kesiapan fisik pesawat jenis Airbus 330 seri 200, untuk membawa 5 ribu lebih jemaah calon haji asal Kalselteng.
“Tahun ini kami kembali menyewa satu pesawat dari Portugal beserta pilotnya, untuk melayani jemaah calon haji di Embarkasi Banjarmasin. Yakni sebanyak 19 kloter dari Kalsel dan Kalteng. Pesawat inilah yang secara maraton membawa jemaah ke tanah suci, dan kembali pulang ke tanah air pada September nanti,” katanya. (RIW/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.