13 April 2021

ULM Targetkan Satu Prodi Satu Guru Besar

2 min read

Foto bersama rektor ULM Sutarto Hadi bersama para guru besar yang baru dikukuhkan.

BANJARBARU – Kamis (20/6), adalah hari yang berbahagia bagi Prof. Dr. Abdul Halim Barkatullah, S.Ag, SH M.Hum; Prof. Dr. Saladin Ghalib, M.A; Prof. Dr. Ersis Warmansyah, M.Pd; Prof. Dr. dr. Nia Kania, Sp.PA.(K); Prof. Dr. Fatchul Mu’in, M.Hum.
Pasalnya Lima orang ini telah resmi dikukuhkan menjadi guru besar oleh Rektor ULM, Sutarto Hadi melalui sidang terbuka senat ULM, bertempat di Auditorium kampus ULM Banjarbaru.

Dengan dikukuhkannya lima guru besar ini, maka guru besar yang ada di ULM bertambah dari 44 menjadi 49 guru besar.
Sehingga menurut rektor ULM Sutarto Hadi, ini merupakan langkah besar bagi universitas karena bisa mengukuhkan langsung lima orang secara bersamaan yaitu dari fakultas kedokteran, FKIP, FISIP dan Fakultas Hukum.
Karena pihaknya mempunyai program yang baru yaitu satu prodi satu guru besar.
“Jumlah prodi yang ada di ULM ini kan lebih dari 100, jadi kalau masing-masing prodi mempunyai satu guru besar, maka sangat besar kekuatan profesor yang ada di ULM ini, dan ini tentu akan membuat kemajuan yang sangat signifikan di dunia pendidikan dan penelitian,” jelasnya.

Terlebih jurnal ilmiah ULM, lanjut Sutarto Hadi sudah di akui ditingkat nasional, sehingga akan memberikan kemudahan dan kesempatan bagi dosen-dosen untuk publikasi di jurnal sendiri terbuka lebar.
“ULM kan sudah punya 18 jurnal yang diakui nasional, dan terindeks di sains and teknologi indeks yang dikeluarkan oleh kementerian riset teknologi dan pendidikan tinggi,” terangnya.

Sementara itu salah satu guru besar yang baru saja dikukuhkan Prof. Dr. Ersis Warmansyah, M.Pd menyampaikan perjuangannya hingga di sela kesibukannya sebagai dosen, hingga akhirnya bisa dikukuhkan menjadi guru besar.
“Penelitian dan penulisan ini membutuhkan waktu sekitar 2 tahun, namun tidak terlalu menyita waktu, kan memang pekerjaan rutin, nulis, ngajar, dan penelitian,” jelasnya.

Turut hadir dalam sidang terbuka ini Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Resnawan, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, Wakil Walikota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan, jajaran senat ULM serta tamu undangan lainnya. (ASC/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.