BanjarNews

PPDB, Banjar Terapkan Zonasi

BANJAR – Kabupaten Banjar tahun ini dalam hal Penerimaan Peserta Didik Baru  (PPDB) dipastikan mengikuti peraturan yang di keluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)  RI untuk menerapkan sistem zonasi. Hal ini di ungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar Maidi Armasyah kepada Abdi persada Fm saat di temui di tempat kerjanya, Rabu (19/6). Di katakan Maidi untuk penerimaan siswa baru sesuai aturan baru PPDB 2019 tersebut dituangkan dalam Peraturan Mendikbud No. 51 Tahun 2018 tentang PPDB dengan menggunakan tiga sistem yakni melalui jalur zonasi 90 persen, jalur prestasi 5 persen dan jalur perpindahan orang tua 5 persen.

Terkait dengan zonasi, Maidi menjelaskan tujuannya untuk meratakan mutu pendidikan tidak melihat apakah sekolah tersebut sekolah berprestasi, favorit atau tidak, sehingga tak terjadi penumpukan. Selain itu sistem zonasi ini menurut Maidi lebih mendekatkan  jarak rumah siswa kepada sekolahnya.

Lebih lanjut Maidi menambahkan untuk wilayah kabupaen Banjar yang lingkupnya Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) pihaknya telah melakukan koordinasi dengan forum Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS ) dan pihak terkait lainnya untuk menentukan zonasi tersebut, sehingga benar-benar terjadi pemerataan siswa di setiap wilayah di Kabupaten ini,

“Penerimaan peserta didik baru di Kabupaten Banjar dengan menggunakan sistem zonasi tahun ini menjadi uji coba dan akan menjadi evaluasi kami ditahun mendatang,” pungkasnya. (AF/RDM/EYN)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat