13 April 2021

Balai Bahasa Kalsel Libatkan Wartawan, Kaji Penggunaan Bahasa Indonesia Yang Benar

1 min read

Kepala Balai Bahasa Kalimantan Selatan Imam Budi Utomo bersama peneliti muda Balai Bahasa Kalimantan Selatan Musdalipah.

BANJAR – Untuk meningkatkan mutu kebahasaan dan pemakaiannya dalam dunia jurnalistik, Balai Bahasa Kalimantan Selatan bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menggelar acara kegiatan diskusi kelompok terpumpun Pemakaian Bahasa Indonesia di Media Massa yang bertempat di Wisma Yulia Martapura.

Kegiatan diskusi ini melibatkan wartawan se-kota Banjarbaru, Humas dari masing-masing Kabupaten Kota se-Kalimantan Selatan, serta Humas Provinsi. Dijadwalkan akan dilaksanakan selama 2 hari berturut-turut dari Rabu (19/6) hingga Kamis (20/6).

Adapun yang menjadi Narasumber pada acara tersebut yakni Kepala Balai Bahasa Kalimantan Selatan Imam Budi Utomo bersama peneliti muda Balai Bahasa Kalimantan Selatan Musdalipah.

Usai Pembukaan, Rabu (19/6) kepada sejumlah wartawan, Imam Budi Utomo menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk memartabatkan bahasa Negara RI.

“Bagaimana kita berupaya untuk memartabatkan bahasa Negara Indonesia, dan salah satu upaya diantaranya untuk memartabatkan bahasa Negara yakni dengan melalui media massa, karena media massa merupakan salah satu hal yang paling penting dalam rangka upaya untuk memberitahukan kepada masyarakat untuk sadar terhadap bahasa negara RI,” ucap Imam.

Lebih lanjut Imam Budi Utomo juga menyampaikan, para pelaku media massa harus memakai Bahasa Negara RI yang bagus dalam menyampaikan informasi-informasi kepada masyarakat.

“Bahasa yang digunakan oleh media massa disamping untuk menyampaikan informasi-informasi kepada masyarakat harus bahasa Indonesia yang bagus, karna hal ini sesuai dengan apa yang diamanatkan di UU No 24 Tahun 2009 tentang bendera bahasa dan lambang Negara serta lagu kebangsaan Pasal 39,” pungkas Imam. (TR02/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.