BanjarbaruNewsProvinsi Kalsel

Inflasi Ramadhan 2019, Tertinggi Dalam 3 Tahun Terakhir

BANJARBARU – Sudah menjadi rahasia umum, jika memasuki Ramadhan dan Idul Fitri, maka harga bahan kebutuhan pokok mengalami kenaikan, seiring dengan tingginya permintaan masyarakat. Tak terkecuali pada Ramadhan tahun ini di Kalimantan Selatan, yang diwakili dua kotanya yang melakukan penghitungan Indeks Harga Konsumen (IHK), yakni kota Banjarmasin dan Tanjung (Tabalong). Bahkan pada Ramadhan selama 3 tahun terakhir ini, kota Banjarmasin selalu mengalami inflasi. Namun inflasi yang terjadi pada tahun ini, adalah yang tertinggi dengan angka 0,90 persen.

Hal itu seperti diakui Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kalimantan Selatan Diah Utami, saat kegiatan jumpa pers bulanan di kantornya pasca libur Idul Fitri, baru-baru tadi. Menurut Diah, kota Tanjung juga mengalami inflasi tinggi hingga sebesar 0,98 persen, dan menjadikan angka inflasi Kalsel pada Ramadhan 2019 menjadi 0,90 persen.

“Ramadhan tahun 2017, angka inflasi di Banjarmasin adalah sebesar 0,33 persen, bahkan turun menjadi 0,14 persen pada Ramadhan tahun 2018. Sehingga inflasi pada Ramadhan tahun ini, menjadi yang tertinggi dalam 3 tahun terakhir,” jelasnya.

Diah mengatakan, penyebab dari tingginya angka inflasi pada Ramadhan kali ini dibanding dua tahun sebelumnya, adalah karena adanya perbedaan waktu penghitungan IHK.

“Dua tahun berturut-turut, Ramadhan di Kalsel terjadi dalam dua bulan berjalan, sehingga persiapan Ramadhan tidak terfokus pada satu bulan saja. Sementara tahun ini, Ramadhan maju menjadi Mei 2019, dan terfokus pada satu bulan itu. Bahkan kenaikan harga sudah terasa sejak bulan sebelumnya,” tambahnya.

Data BPS Kalsel memperlihatkan, 9 kota di Kalimantan yang melakukan penghitungan IHK pada Mei 2019 atau bertepatan dengan Ramadhan 2019, seluruhnya mengalami inflasi. Tertinggi dialami Sampit, dengan angka inflasi 1,01 persen. Berada di urutan kedua adalah Tanjung dengan inflasi 0,98 persen. Selanjutnya disusul Singkawang di posisi ketiga dengan inflasi 0,91 persen. Sedangkan kota Banjarmasin berada di urutan keempat, dengan angka inflasi 0,90 persen. (RIW/RDM/RRF)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat