BanjarmasinNewsProvinsi Kalsel

Harga Bawang Turun, Dewan Kalsel Minta Pemprov Pantau Pasar

BANJARMASIN – Setelah sempat melonjak menelang Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah, harga bawang merah di sejumlah pasar di Banjarmasin mulai berangsur turun.

“Harga bawang merah sebelumnya Rp35 ribu per kg turun menjadi Rp30 ribu perkg hingga Rp29 ribu per kg. Sementara bawang putih yang sebelumnya Rp32 ribu per kg sekarang turun menjadi Rp29 ribu per kg,” kata salah seorang Distributor Bawang di Pasar Lima, Muchtar kepada wartawan, Rabu (12/6).

Menurutnya, kenaikan harga bawang di pasaran ini akibat kurangnya pasokan yang masuk ke Kalsel. Namun karena kondisinya saat ini pasokan normal, sehingga harganya berangsur mengalami penurunan.

Melihat kondisi ini, Ketua Komisi II DPRD Kalsel, Suwardi Sarlan mengaku lega. Tetapi ia tetap mendesak Pemprov dan Dinas terkait untuk segera turun ke lapangan pasca Lebaran ini, agar segera kembali mengontrol harga bahan pokok di pasaran.

“Mengingat sekarang cuaca lagi tidak menentu. Gelombang besar. Sehingga kapal sulit berlayar. Dikuatirkan akibatnya distribusi bawang bisa terhambat dan berdampak pasokan kembali minim, ” katanya.

Suwardi mengakui ia memahami naiknya harga barang-barang di pasaran selama ini disebabkan kurangnya pasokan barang dari luar. Salah satu faktor penyebabnya adalah cuaca.

“Untuk antisipasinya, Dinas Perdagangan mungkin bisa melakukan operasi pasar,” pungkasnya. (NRH/RDM/RRF)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat