18 April 2021

Raperda Revisi Perda 1/2008 Ditargetkan Rampung Juli Mendatang

1 min read

Ketua Raperda Revisi Perda Nomor 1/2008, Suripno Sumas.

BANJARMASIN – Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Revisi Perda Nomor 1 Tahun 2008 tentang Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan di Kalsel ditargetkan bisa rampung pada Juli 2019 mendatang. Target itu disampaikan Ketua Panitia Khusus Raperda Revisi Perda Nomor 1 Tahun 2008, Suripno Sumas kepada wartawan.

Menurutnya, dalam rangka pembahasan raperda tersebut, Pansus telah melakukan konsultasi ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) serta melaksanakan studi komparasi ke Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Selatan, beberapa waktu lalu. Dari dua kunjungan tersebut, pansus mendapatkan banyak masukan dan arahan guna memperkaya materi raperda yang sedang dibahas.

“Setelah itu, pansus akan menggelar rapat finalisasi yang merupakan tahapan akhir pembahasan raperda sebelum melaksanakan uji publik. Sehingga diharapkan di Juli mendatang, pembahasan raperda ini bisa selesai di tingkat provinsi dan selanjutnya akan diserahkan ke Kementerian Dalam Negeri untuk mendapatkan fasilitasi,” jelasnya.

Diharapkan, ke depan dengan dibentuknya perda revisi Perda Nomor 1 Tahun 2008 dapat menjadi pedoman dalam mengoptimalkan pelaksanaan kegiatan perencanaan, penyelenggaraan pencegahan penyelenggaraan penanganan pasca kebakaran, koordinasi kerja dan status kesiagaan karhutla di Kalsel. (NRH/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.