13 April 2021

Ini Yang Dilakukan Dishub Banjar Jelang Lebaran

2 min read

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar Muhammad Aidil Basith saat diwawancarai.

BANJAR – Jelang lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah, Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar menyiapkan Armada Gratis khusus untuk ASN lingkup pemkab Banjar yang ingin mudik dan melakukan berbagai persiapan lain untuk mengantisipasi kepadatan arus mudik. Hal  ini  disampaikan  Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar Muhammad Aidil Basith kepada wartawan.

Dikatakan Basith pihaknya  telah mempersiapkan  armada bus. Menurut Basith seperti tahun-tahun sebelumnya pihak korpri melaksanakan mudik gratis dalam rangka untuk kesejahteraan para anggotanya sedangkan pihak Dishub Banjar sendiri akan menyediakan sarana fasilitas kendaraan beserta supirnya.

“Ada dua buah armada angkutan yang kami siapkan, namun saat ini  masih menunggu permintaan dari pihak Korpri melalui surat resmi, hal ini pun sudah kami sampaikan pada saat Coffee Morning,” ungkap Basith.

Selain itu tambah Basith menjelaskan, untuk menghadapi arus mudik, pihaknya sudah melakukan rapat bersama dengan pihak Dishub Provinsi dan juga Kementrian PU untuk persiapan menjelang dan sesudah mudik lebaran, yang di perkirakan kepadatan arus mudik terjadi H – 2 dan H + 2.

Menurut Basith persiapan tersebut diantaranya, melakukan pengecekan jalan-jalan yang berlubang, melakukan razia angkutan umum untuk memastikan keamanan kendaraan tersebut laik jalan atau tidak.

Ia pun juga menjelaskan untuk posko-posko arus mudik seperti tahun lalu pihaknya tetap tergabung dalam posko terpadu yang melibatkan TNI Polri, Tim kesehatan, PMI serta Pramuka.

Lebih lanjut Basith menambahkan, untuk arus mudik yang melalui jalur wilayah Kabupaten Banjar, tidak ada di terapkan rekayasa lalu lintas sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun yang menjadi perhatian  pihaknya  pada H + 2 lebaran,  dimana arus kepadatan lalu lintas kemungkinan terjadi, mengingat warga di perkirkan banyak menuju tempat-tempat rekreasi atau wisata dalam menikmati libur panjang lebaran.

“Kami mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan mudik, agar lebih berhati-hati, dan mempersiapkan kelengkapan dan mengecek kendaraan bermotornya apakah laik pakai atau tidak, kemudian menyiapkan kondisi fisik yang fit,  apabila kelelahan dalam perjalanan, agar tidak memaksakan diri untuk melanjutkan perjalanan dan sebaiknya beristirahat pada posko lebaran atau rest area yang disediakan,” imbau Basith. (AF/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.