27 Februari 2021

X-Bank Kalsel Gelar Kopdar Bahas Zakat Maal

1 min read

Ketua X-Bank Kalsel, Renaldy Rahman (paling ujung kanan) bersama peserta Kopdar lainnya.

BANJARMASIN – Komunitas X-Bank Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar Kopi Darat (Kopdar) di Dapoer Kampung Ketupat Jalan Sungai Baru Banjarmasin, Minggu (26/5). Kali ini topik yang dibahas mengenai Panduan Ringkas Zakat Maal dengan Pemateri Ustadz Reindy Theja Sukmana.

“Ini memang kegiatan rutin yang kami lakukan sebulan sekali. Materi yang dibahas berbeda-beda setiap bulan. Namun intinya kajian ini dilaksanakan untuk menyadarkan kaum muslim mengenai ajaran Islam dan keharaman riba, ” kata Ketua X-Bank Kalsel, Renaldy Rahman kepada Abdi Persada FM usai Kopdar.

Mantan Pegawai Bank itu mengungkapkan X-Bank didirikan El Chandra pada 2017 menjadi tempat berkumpulnya mantan bankir untuk menjauhi unsur riba di berbagai aspek kehidupan serta turut menjadi wadah untuk mempelajari muamalah secara sempurna.

“Riba adalah salah satu hal yang Allah nyatakan haram dan menjadi dosa besar yang akan langsung ditantang perang oleh-Nya jika tidak ditinggalkan,” tegasnya.

Menurut Renaldy, keresahan tersebut membuat karyawan bank, leasing, koperasi dan asuransi memutuskan untuk berhenti dari profesinya tersebut. Untuk memberikan kemantapan berpikir dalam hijrah mencari penghasilan yang lebih baik, mantan pegawai industri jasa keuangan itu bergabung dalam komunitas X-Bank.

“Jumlah anggotanya ribuan orang se Indonesia. Untuk X-Bank Kalsel, sejak didirikan pada 8 Juli 2018 lalu, anggotanya 200an orang yang tergabung dalam grup WhatsApp,” katanya.

Ia berharap dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan X-Bank, akan semakin banyak umat Islam yang sadar akan keharaman dan bahaya riba sehingga mereka menjauhi aktivitas tersebut dalam seluruh aspek kehidupan mereka. (NRH/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.