15 April 2021

Masjid Kanas Harapkan Bantuan Pemerintah Untuk Rehab

1 min read

Masjid Jami Tuhfaturraghibin atau dikenal masjid kanas.

BANJARMASIN – Berlokasi di kawasan jalan Alalak Tengah Kecamatan Banjarmasin Utara masjid yang bernama Tuhfaturraghibin atau yang levih dikenal dengan sebutan masjid kanas ini berdiri sejak Tahun 1934.

Sekretaris Umum Masjid Jami Tuhfaturraghibin Jumirin kepada Abdi Persada FM mengatakan, sebelumnya memang pernah ada bantuan baik dari Pemerintah Provinsi Kalsel dan Kota namun tidak rutin setiap tahun, sehingga dengan majunya perkembangan zaman, maka pengurus masjid berencana akan melakukan rehab dengan membangun lantai 2 untuk menampung lebih banyak lagi jamaah.

Mengingat untuk sholat Jumat saja sudah hampir 800 orang daya tampung jamaah, dan itupun sudah penuh, sedangkan di hari Raya dan peringatan hari besar Islam lainnya, ada sekitar 1000 lebih jamaah tersebut.

“Membangun lantai 2 perlu dana sekitar 3 milyar hingga 5 milyar, saat ini sumbangan warga baru 500 juta rupiah, sehingga lebih besar lagi anggaran yang nantinya akan direalisasikan,” ucapnya.

Lebih lanjut Jumirin menambahkan, pihaknya mengupayakan perlunya fasilitas seperti AC, Ambulance serta ruang sekretariat dan perpustakaan yang baik, untuk membuat regenerasi tidak bosan ke masjid selain beribadah namun melihat langsung cerita di balik foto kenangan berdirinya masjid ini dari zaman ke zaman, karena salah satu masjid tertua di kota ini selain masjid Jami dan Masjid Sultan Suriansyah.

Untuk diketahui dinamakan masjid Kanas diambil dari Bahasa  Arab yakni kanasa artinya pembersih, disimbolkan sebagai pembersih hati jiwa dan raga, dengan harapan bagi yang beribadah di masjid ini, akan tercipta kebersihan hati dengan keimanan yang semakin tinggi untuk mencapai Ridho Ilahi Robbi. (NHF/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.