15 April 2021

HUT Ke 70 Alri, Gubernur Kalsel Ajak Perkuat Nilai Semangat Juang Rakyat Banua

2 min read

Gubernur Kalsel beserta pejabat lingkup pemprov mengenakan pakaian pejuang ketika mengikuti Peringatan HUT ke 70 Tentara ALRI Divisi IV Kalimantan di Desa Mandapai HSS, Jum'at (17/05).

HULU SUNGAI SELATAN – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sabirin Noor mengharapkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 70 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan bisa menanamkan dan memperkuat nilai-nilai semangat juang bagi rakyat Banua. Harapan itu disampaikannya usai upacara peringatan HUT ke 70 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan di Desa Mandapai Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Jum’at pekan lalu.

Menurut Sahbirin, proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Kalimantan tersebut yang dibacakan pada 17 Mei 1949 silam merupakan momen sejarah penting bagi rakyat Kalsel. Karena pada teks proklamasi tersebut ada pernyataan dan penegasan kepada rakyat dan dunia bahwa gerilya Divisi IV Pertahanan Kalimantan benar-benar ada dan memiliki kekuatan. Oleh karena itu, ia mengajak seluruh elemen masyarakat Banua untuk mengaungkan kembali tekad, semangat, nilai kejuangan, pantang menyerah dan rasa nasionalisme dalam sanubari masing-masing.

“Bahwa kita ini sejatinya adalah rakyat pejuang. Karena datu-datu kita, nini-nini kita, para pendahulu kita adalah pejuang bagi negeri ini. Pejuang bagi Banua kita yang tercinta ini. Contohnya teks proklamasi 17 Mei 1949,” tegasnya.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan HUT ke 70 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan dilaksanakan di lokasi sejarah tempat proklamasi dimana Kalimantan menyatakan bergabung dengan NKRI  yaitu di Desa Mandapai Kecamatan Padang Batung Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Istimewanya lagi, acara tersebut dihadiri oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor yang juga menjadi inspektur upacara.

Peringatan HUT Proklamasi ALRI ini  juga diisi dengan penyerahan hibah satu unit mobil Innova untuk masyarakat Desa Batu Bini Kecamatan Padang Batung untuk dijadikan ambulance yang diterimakan Kades setempat. Serta penyerahan tali asih sebanyak 86 paket kepada  orang para veteran dan janda veteran.

Turut hadir dalam acara tersebut, Danrem 101 Antasari, Danlanal Banjarmasin, jajaran pejabat Pemprov Kalsel serta tuan rumah Bupati HSS Achmad Fikry, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Ketua DPRD HSS, Forkompimda HSS serta jajaran pejabat pemkab HSS. (NRH/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.