NewsProvinsi Kalsel

Sambut Lebaran, BI Kalsel Siapkan 3,5 Trilyun

BANJARMASIN – Tak terasa, Ramadhan sudah memasuki hari ke-12, mendekati pertengahan bulan. Itu berarti juga, bahwa lebaran atau Idul Fitri 1440 Hijriah sudah didepan mata. Segala persiapan pun mulai dilakukan sejumlah instansi menghadapi lebaran kali ini. Mulai dari Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang berupaya menjaga pasokan bahan kebutuhan pokok, untuk memenuhi permintaan masyarakat yang akan meningkat jelang lebaran. Dinas perhubungan yang menyiapkan angkutan untuk arus mudik, dan tak ketinggalan Bank Indonesia yang menyiapkan uang baru untuk penukaran jelang lebaran.

Diketahui, pada lebaran kali ini, kantor perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan menyiapkan uang tunai 3,5 trilyun rupiah demi memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang pecahan kecil menyambut lebaran.

Usai kegiatan buka puasa bersama insan pers pada Kamis petang (16/5) di salah satu hotel berbintang di Banjarmasin, kepala unit pengelolaan uang rupiah KPw Bank Indonesia Purwanto menjelaskan, tahun ini ada peningkatan jumlah uang tunai yang disiapkan, dibanding lebaran tahun lalu.
“Peningkatannya sekitar 10 persen dibanding tahun lalu. Karena setiap tahunnya, permintaan masyarakat meningkat, khususnya untuk uang pecahan kecil. Mulai dari uang pecahan 2.000, 5.000, 10.000 dan 20.000,” jelasnya.

Untuk penukaran sendiri, menurut Purwanto, sudah dapat sejak awal Ramadhan tadi di seluruh kantor perbankan di Kalimantan Selatan. Dimana tercatat ada 150 titik yang tersebar di 13 kabupaten/kota.
“Kami sudah bagikan spanduk ke seluruh perbankan soal layanan penukaran uang pecahan kecil tanpa biaya, alias gratis. Ini tentunya akan semakin memudahkan masyarakat menukarkan uangnga, sekaligus dengan jaminan uang yang ditukar asli. Tidak seperti penukaran uang di pinggir jalan yang marak jelang lebaran, dengan memberlakukan tarif tertentu serta belum ada jaminan soal keaslian uang,” urainya lagi.

Bahkan untuk semakin memudahkan masyarakat memperoleh uang pecahan kecil ini, mulai Senin (20/5) hingga Kamis (29/5), Bank Indonesia juga melaksanakan kas keliling di lapangan Kamboja, tempat lokasi Pasar Wadai Ramadhan tahun ini di Banjarmasin. Kas keliling ini melayani masyarakat mulai jam 10.00 – 13.00 WITA. Setiap nasabah yang hendak menukarkan uang, dibatasi hanya boleh sebanyak 3,7 juta rupiah untuk satu kali penukaran. Hal ini untuk memastikan, setiap orang mendapatkan uang pecahan kecil yang diinginkannya. (RIW/RDM/MTB)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat