BanjarNews

Lantik Pembakal Desa Pematang Baru, Bupati Banjar Minta Jalankan Visi Misi Yang Disampaikan

BANJAR – Bupati Banjar Khalilurrahman melantik dan mengambil sumpah jabatan Pengganti Antar Waktu (PAW ) Pembakal Desa Pematang Baru Kecamatan Martapura Timur Priode 2019 – 2022.

Pelantikan dan pengambilan Sumpah jabatan Pembakal Pengganti Antar Waktu (PAW)  Desa Pematang Baru dilakukan kepada Arbain, Rabu (15/5) di Aula Kecamatan Martapura Timur yang dihadir Asisten Pemerintahan dan Kesra Banjar Zainuddin, Kepala Dinas PMD Banjar Aspihani, Camat Martapura Timur Syaifullah Effendi, Para Kepala Desa lingkup Kecamatan Martapura Timur, dan perwakilan kementrian agama, pihak Koramil serta Polsek Martapura Timur.

Usai pelantikan Bupati Banjar Khalilurrahman mengatakan, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan menjadi pembakal definitif ini adalah hasil pemilihan  pembakal melalui musyawarah desa pada tanggal 4 April 2019 yang lalu.

Bupati Banjar yang akrab disapa guru kholil ini menjelaskan hal ini sesuai dengan amanah peraturan perundang-undangan berkaitan dengan pemilihan kepala desa yang diatur dalam Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa yang kemudian dijabarkan kembali didalam peraturan pemerintah Nomor 43 tahun 2014 dan diatur lebih lanjut dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 65 tahun 2017 tentang perubahan atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 112 Tahun 2014 tentang pemilihan kepala desa.

Ia pun berpesan kepada pembakal yang terpilih terkait visi dan misi yang disampaikan pada saat pemilihan pambakal beberapa waktu lalu diharapkan bukan hanya sekedar janji namun harus ditepati kepada masyarakat.

“Saya juga berpesan bangun hubungan permusyawaratan desa, dan lembaga-lembaga kemasyarakatan lainnya yang ada di desa dalam membangun desa, “kata Guru Kholil.

Sementara itu, Pembakal Beruntung Baru Arbain yang baru dilantik mengatakan ia akan berupaya untuk menjadikan desanya lebih maju,  kreatif dan inovatif, diantara program tersebut yakni akan memajukan pembangunan didesanya dibidang pertanian, perikanan dan juga memajukan pembangunan di bidang infrastruktur berupa perbaikan jalan  tani dan jalan desa yang merupakan jalan pintas  menghubungkan antara Kecamatan Martapura Timur hingga ke perbatasan Kecamatan Astambul.  Ia pun merasa optimis dirinya mampu untuk menjadikan Desa Pematang Baru menjadi desa yang lebih maju, berkarya dan inovatif di sisa waktu kurang lebih tiga tahun kedepan ini.

Ketika di tanya soal gaji guru Diniyah yang di singgung oleh Bupati Banjar untuk patut menjadi perhatian aparat didesanya, dirinya mengungkapkah akan memperhatikan melalui bantuan dana desa.

“Kemungkinan nantinya akan dibantu melalui dana desa untuk guru-gurunya terutama sekolah madrasah, memang gajih mereka sangat minim, insya allah akan jadi perhatian kami,” kata Arbain.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Banjar Aspihani saat diwawancarai.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Banjar Aspihani mengatakan dengan dilantiknya Pembakal Pematang Baru Arbain oleh Bupati Banjar Khalilurrahman, maka pembakal tersebut resmi untuk dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pemangku desa.

“Saya berharap kepada Pembakal Pematang baru yang terpilih agar dapat benar-benar bisa menjalankan visi dan misinya, sesuai harapan masyarakat, dan dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat,” harap Aspihani. (AF/RDM/RRF)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat