BanjarbaruNewsProvinsi Kalsel

Paman Birin : Ramadhan Adalah Bulan Pembersihan dan Perbaikan

BANJARBARU – Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor melakukan sahur bersama masyarakat komplek Cempaka Sari kelurahan Cempaka Kota Banjarbaru, Minggu (12/5) dini hari.

Bertemakan ‘Sahur dan Dakwah bersama Paman Birin’, ratusan masyarakat komplek Cempaka Sari dan sekitarnya serta 85 anak yatim dari Pondok Pesantren (Ponpes) Raudhatun Nasyiin ini, begitu bergembira dengan hadirnya orang nomor satua di Kalimantan Selatan ini.

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, yang didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Abdul Haris Makkie, Pejabat tinggi di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Pejabat Pemerintah Kota Banjarbaru, tokoh masyarakat dan agama ini, mengawali kegiatan begarakan sahur dengan membunyikan berbagai alat pukul. Yang langsung dilakukan oleh Paman Birin bersama rombongan dan masyarakat.

Acara kemudian dilanjutkan dengan lantunan syair-syair maulid dari group maulid Ponpes Raudhatun Nasyiin.

Dalam sambutannya, Paman Birin mengutip ayat 183 surah Al Baqarah yang artinya, ‘Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa’. Gubernur mengatakan, ayat ini merupakan pengingat akan luar biasanya ajaran Islam yang sangat sempurna ini, banyak sekali keutamaan di bulan Ramadhan ini salah satunya ialah sebagai bulan pembersihan dan perbaikan.
“Jika tubuh (perut) ini diibaratkan sebagai mesin, maka kita disediakan 1 bulan selama 1 tahun, untuk memasukkannya ke bengkel, karena perut ini selama 1 tahun terus diisi makan dan minum,” ujarnya.

Gubernur juga menyampaikan, kegiatan sahur bersama ini merupakan agenda rutin untuk mengisi bulan ramadhan dengan kegiatan-kegiatan positif, selain itu juga guna mendekatkan diri dengan masyarakat dan saling bersilaturahmi serta saling mendoakan, sebagai bentuk rasa syukur dalam mengisi kemerdekaan ini. Dirinya juga menghimbau agar masyarakat terus dapat menjaga kerukunan dan kedamaian di Banua ini.
“Mari kita jaga sama-sama Banua ini, dalam kondisi yang kondusif, sehingga masyarakat kaum muslimin bisa melaksanakan ibadah puasa di bulan mulia ini dengan khusyuk,” imbaunya.

Kegiatan ini juga diisi tausiah oleh Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Raudhatun Nasyiin Ustadz Hendri Atmadja dan sahur bersama secara sederhana. (ASC/RDM/MTB)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat