7 Maret 2021

Inilah Safari Ramadhan Paman Birin Di Desa Tiwingan Lama

3 min read

Suasana saat Safari ramdhan di desa Tiwingan lama Kecamatan Aranio.

BANJAR – Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor bersama Bupati Banjar Khalilurrahman dan rombongan melakukan Safari Ramadhan 1440 Hijriah, Sabtu (11/5) sore di Mesjid Mujahidin Desa Tiwingan Lama Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar. Kedatangan rombogan Gubernur Kalimantan Selatan dan Bupati Banjar ini di sambut masyarakat Desa Tiwingan Lama dengan tarian hadrah.

Safari Ramadhan ini diisi dengan beberapa rangkaian acara, mulai dari pembancaan ayat suci Al qura’an, ceramah agama oleh Ketua MUI Kabupaten Banjar Fadlan Asy ‘ari, dilanjutkan pula dengan acara berbuka puasa bersama dan sholat magrib berjama’ah.

Penyerahan Foto Kenang-kenangan Safari Ramdhan Gubernur Kalsel ke Desa Tiwingan lama Kec. Aranio Kab. Banjar.

Namun sebelumnya sejumlah penyerahan bantuan untuk Kabupaten ini dari Gubernur Kalimanantan Selatan di safari ramadhan ini juga dilakukan. Diantara bantuan tersebut berupa dana hibah untuk Mesjid, Langgar dan Musholla serta untuk Fasilitas lembaga keagamaan di Kabupaten Banjar, yang diterima oleh pemkab senilai tiga milyar tiga ratus enam puluh juta rupiah.
Selain itu bantuan penguatan Tanaman Pangan dan Hortikultura untuk kelompok tani senilai seratus lima milyar lima juta lima ratus tujuh puluh satu ribu rupiah, dan bantuan untuk penyelenggaraan Safari Ramadhan Gubernur Kalsel di desa ini senilai dua puluh lima juta rupiah, dan tak ketinggalan 756 paket sembako untuk pemenuhan kebutuhan pangan bagi penduduk yang kurang mampu.

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor dalam Sambutan meyampaikan penghagaan dan terimakasihnya kepada seluruh masyarakat Kabupaten Banjar yang telah mendukung, berpartisipasi dan kritik sarannya atas berbagai kebijakan program yang dilakukan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Selain itu Gubernur Kalimantan Selatan juga menyampaikan beberapa program Infrastruktur yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. “Pembangunan infra Struktur sangat Penting untuk menunjang pembangunan- pembangunan lainnya,” kata Gubernur Kalimantan Selatan yang Akrab disapa Paman Birin.

Paman Birin juga menyebutkan Kecamatan Aranio sebagai salah satu daerah yang memiliki banyak potensi wisata alam, seperti wisata bukit, air terjun, dan juga danau, ia pun merasa merasa bangga.
“Safari Ramadan kali ini di Kecamatan Aranio sebagai wilayah dengan potensi wisata alamnya yang luar biasa. Salah satunya, Lembah Kahung yang termasuk bagian Geo Park Kalimantan Selatan, dimana orang yang berkunjung kesana pasti merindukan untuk datang kembali, dan kita bisa saksikan banyak keramba apung yang mana sebagai mata pencarian masyarakat Aranio sebagai pembudidaya ikan, ini suatu kebanggaan kita,” ungkapnya.

Sementara itu Bupati Banjar Khalilurrahman menyampaikan terima kasihnya kepada Pemerintah Provinsi Kalsel, melalui Dinas Pariwisata dan Kehutanan telah banyak melakukan pembangunan kepariwisataan dan telah menetapkan dua titik wisata alam bagian dari geo park Kalimantan Selatan, seperti wisata alam lembah kahung, pulau rusa, pulau pinus, pulan bekantan dan lainnya. ia pun berharap melaui pembangunan pariwisata akan dapat meningkatkan kunjungan wisata dan perekonomian masyarakat dengan tetap menjaga kelestarian hutan, tercipta lapangan pekerjaan baru, UMKM bergeliat, dan jasa perjalanan wisata.
“ Saya berpesan kepada masyarakat aranio ataupun pengelola wisata untuk menciptakan suasana kondusif dan berharap terjalinnya sinergi anatar Pemprov Kalimantan Selatan dan Kabupaten Banjar dalam pembangunan,” harap Bupati Banjar yang akrab disapa Guru kholi ini.

Guru kholil juga berterima kasih kepada Gubernur Kalimantan Selatan atas pembangunan Tol Banjarbaru hingga Tanah Bumbu yang melintasi kawasan Kecamatan Aranio, sehingga akses jalan darat menuju 8 desa di wilayah Kecamatan Aranio, yang tentunya memberikan dampak terhadap pertumbuhan ekonomi, peningkatan akses antar wilayah dan pemerataan layanan publik di Kecamatan Aranio.

Turut hadir pula pada kegiatan ini Para Pejabat Lingkup Provinsi Kalimantan Selatan, para Pejabat Lingkup Kabupaten Banjar, Ketua serta Wakil TP PKK Kabupaten Banjar, Forkopimda, Ketua MUI Banjar, Camat setempat dan para undangan lainnnya. (AF/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.