13 April 2021

Legislator Kalsel Dukung Tanbu Jadi Ibukota Negara

1 min read

Anggota DPRD Kalsel, Surinto ketika diwawancarai sejumlah wartawan di Banjarmasin, Kamis (09/05).

BANJARMASIN – Rencana pemindahan ibukota negara yang diusulkan Presiden Joko Widodo ke luar Pulau Jawa mendapat respon positif tidak hanya dari pemerintah daerah tetapi juga pihak legislatif. Salah satunya, Anggota Komisi III DPRD Kalsel, Surinto. Wakil Rakyat asal Tanah Bumbu ini berkeyakinan Kota Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu lebih cocok menjadi “Jakarta Baru”

“Batulicin memiliki posisi strategis untuk dipilih menjadi Ibukota negara Indonesia yakni aman dari bencana alam seperti kabut asap, gempa dan sebagainya. Posisinya secara geografis berada di tengah nusantara, kawasan pesisir dan memiliki pelabuhan yang bisa dikembangkan menjadi pelabuhan internasional, ” katanya.

Namun Politisi PKS ini pesimis tiga daerah nominasi yaitu Kalsel, Kalteng dan Kaltim mampu menyiapkan lahan yang dibutuhkan karena nyaris semua tanah negara dikuasai konsesi perusahaan.

“Hampir di seluruh wilayah Kalimantan memiliki kelemahan yang relatif sama yaitu nyaris semua tanah memiliki kepemilikan. Contohnya wilayah hutan ada konsesi perusahaan, wilayah non hutan ada HGU atau juga kepemilikan rakyat. Hal ini juga harus menjadi pertimbangan Pemerintah Pusat,” jelasnya.

Seperti diketahui, wacana pemindahan ibukota negara ke Pulau Kalimantan kembali bergulir pasca Pileg dan Pilpres 2019. Bahkan Presiden Joko Widodo sudah melakukan peninjauan ke dua kota kandidat lokasi pemerintahan Indonesia yaitu Palangkaraya di Provinsi Kalteng dan Balikpapan di Provinsi Kaltim. Sementara Satu kota lainnya yaitu Batulicin di Provinsi Kalsel juga masuk nominasi. (NRH/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.