18 April 2021

Isi Ramadhan, Ratusan Santri Ikuti Dauroh Al-Qur’an

1 min read

Suasana salah satu kelompok Dauroh Al-Qur'an Ramadhan Tahsin dan Tahfidz di Masjid Hasanuddin Majedi Banjarmasin, Rabu (08/05).

BANJARMASIN – Untuk mengisi bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, ratusan Santri mengikuti Dauroh (Pelatihan) Al-Qur’an Ramadhan Tahsin dan Tahfiz di Masjid Hasanuddin Majedi Kayutangi Banjarmasin. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari jam 07.00 – 10.00 wita, sejak 6 Mei atau  tepat 1 Ramadhan hingga Rabu 22 Mei  atau 17 Ramadhan mendatang.

Kepada Abdi Persada FM, Rabu (8/5), salah satu panitia kegiatan, Mutowiyah mengatakan Dauroh Al-Qur’an ini diikuti lebih dari 100 peserta perempuan dan sekitar 50 peserta laki-laki mulai usia 4 – 65 tahunan.

“Mereka dibagi dalam beberapa kelompok yaitu satu kelompok hafalan jiyadah, satu kelompok hafalan berat dan dua kelompok BTQ,” katanya.

Mutowiyah menjelaskan kelompok hafalan jiyadah untuk peserta yang sudah memiliki hafalan Qur’an sendiri dan ingin menambah hafalannya supaya hafalannya bisa berkualitas. Sedangkan kelompok hafalan berat atau yang diperbaiki bagi peserta yang memiliki hafalan Qur’an yang banyak tapi ada kesalahan terkait makhroj dan tajwidnya sehingga harus diperbaiki agar ingatannya lebih tajam lagi. Kemudian kelompok Bimbingan Tahsin Al-Qur’an (BTQ) untuk anak-anak yang belum pernah menghafal. Dalam kelompok ini, mereka belajar cara-cara menghafal mulai juz 30.

“Dengan kegiatan ini diharapkan para peserta berkomitmen untuk mencetak hafalan yang mutkin (benar, fasih, ingat terus) serta berkualitas dari segi bacaan dan hafalan,” jelasnya.

Sementara, salah satu peserta kelompok hafalan jiyadah, Sri Astuti mengaku sangat tertarik mengikuti kegiatan ini.

“Selain programnya itu bagus untuk menambah hafalan Al-Qur’an, hafalan yang diajarkan juga hafalan mutkin yang berbeda dengan yang biasa,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan Rusmiati. Mahasiswa FKIP ULM ini berharap bisa memberikan hadiah terbaik bagi orang tua karena hafalan qur’annya. (NRH/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.