3 Maret 2021

Kuota Haji 2019 Bertambah, Masa Tunggu Kalsel Masih 29 Tahun

2 min read

BANJARMASIN –  Kabar gembira bagi calon jemaah haji (CJH) Indonesia. Tahun ini, pemerintah kerajaan Arab Saudi menambah 10.000 kuota haji bagi Indonesia, yang dibagikan secara adil kepada seluruh provinsi di Indonesia. Khusus Kalimantan Selatan, mendapat jatah kuota tambahan sebanyak 324 orang, atau sama dengan jumlah satu kelompok terbang (kloter) haji. Dengan begitu, jumlah jemaah haji Kalimantan Selatan tahun ini yang akan berangkat pada musim haji nanti, adalah sebanyak 4.155 orang, dari semula sebanyak 3.831 orang. Kabar gembira ini disampaikan kakanwil Kementrian agama Kalimantan Selatan Noor Fahmi, usai melakukan rukyat hilal penentuan 1 Ramadhan 1440 Hijriah, di puncak gedung Bank Kalsel pada Minggu petang (5/5).

Kepada wartawan, Noor Fahmi memastikan, bahwa pihaknya memiliki anggaran untuk pemberangkatan kuota tambahan haji, yang diberikan oleh pemerintah Arab Saudi tersebut.

“Insya Allah ada dananya. Saat ini kami masih menunggu juknis dan juklak penluansan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) bagi jemaah haji tambahan itu,” jelas Fahmi.

Lebih lanjut Ia mengatakan, pihaknya masih melakukan penghitungan, dampak penambahan kuota itu terhadap masa tunggu haji di provinsi ini.

‘Kami masih belum tahu, masih dihitung. Tapi yang jelas, saat ini masa tunggu haji di Kalsel sudah mencapai 29 tahun, dengan perkiraan jumlah keberangkatan setiap tahunnya adalah 3.831 jemaah haji,” tutupnya.

Di tingkat nasional, masa tunggu jemaah haji di Kalimantan Selatan, menduduki peringkat kedua dengan lama 29 tahun. Sementara di posisi pertama adalah Sulawesi Selatan, dengan lama masa tunggu mencapai 30 tahun. Satu-satunya cara untuk memangkas masa tunggu yang terlalu lama itu, adalah berharap pada penambahan jumlah kuota haji bagi Indonesia setiap tahunnya. Dimana seluruh kebijakan itu, merupakan hak prerogatif pemerintah kerajaan Arab Saudi. (RIW/RDM/RRF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.