BanjarmasinNewsProvinsi Kalsel

Kemenhub Wacanakan Program Pembelian Layanan Transportasi Massal

BANJARMASIN – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI mewacanakan program pembelian layanan bagi transportasi massal. Menurut Sekretaris Komisi III DPRD Kalimantan Selatan, Riswandi menyampaikan wacana itu terungkap dari hasil kunjungan kerja pihaknya ke Kementerian Perhubungan di Jakarta, pekan lalu.

Ia menjelaskan kunjungan kerja tersebut bertujuan untuk menindaklanjuti program Bus Rapid Transit (BRT) Banjarbakula dimana Pemerintah Pusat baru memberikan bantuan lima buah bus kepada Pemerintah Provinsi Kalsel.

“Padahal idealnya diperlukan sekitar 20 buah bus supaya jarak tempuh tidak terlalu lama. Karena jika hanya lima buah bis yang beroperasi diperkirakan jarak tempuh yang diperlukan sekitar 30 menit sehingga dikuatirkan penumpang akan malas naik bis,” katanya.

Namun, menurut Riswandi, ternyata dari pertemuan tersebut terungkap bahwa mulai tahun depan, Kemenhub tidak lagi memberikan bantuan dalam bentuk bus tetapi mewacanakan program pembelian layanan yaitu adanya subsidi biaya operator BRT dari pemerintah pusat. Sehingga, ia menyarankan agar pemprov Kalsel segera menindaklanjuti dengan menawarkan atau mencari pihak ketiga untuk bekerjasama memenuhi kekurangan bus tersebut.

“Secara teori, pihak ketiga tidak akan rugi karena mereka melaksanakan program pelayanan publik transportasi massal, biaya operasionalnya akan dihitung dan kemudian disubsidi oleh pemerintah pusat, sebagaimana yang dilakukan di DKI Jakarta, ” jelasnya.

Oleh karena itu, Politisi PKS ini berharap agar persoalan kekurangan transportasi massal tersebut dalam program BRT Banjarbakula dibahas secara detail oleh Dishub tingkat provinsi maupun kabupaten/kota terkait yaitu Banjarbaru dan Kabupaten Banjar.

“Termasuk juga peningkatan fasilitas pendukungnya misalnya pembuatan halte-halte. Sehingga pelayanan publik kepada masyarakat terkait transportasi massal benar-benar bisa lebih tingkatkan,” pungkasnya. (NRH/RDM/RRF)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat