NewsProvinsi Kalsel

Ini Nikah Massal Yang Dihadiri Langsung Gubernur Kalsel

BANJARMASIN – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor menjadi saksi dalam pernikahan massal calon pengantin dari masyarakat kurang mampu yang digelar di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Sabtu (4/5). Gubernur yang akrab dipanggil Paman Birin ini mengungkapkan rasa bahagia dan sangat mengapresiasi acara nikah massal yang diinisiasi oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kalsel bekerjasama dengan Pemprov Kalsel, Kanwil Kemenag Kalsel dan Badan Pengelola Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin.

“Ini luar biasa sekali. Acara nikah massal seperti ini baru pertama kali digelar di Kalsel dengan meriah dan ini berbeda dengan gelaran acara sebelumnya, ” katanya dengan antusias.

Menurutnya acara ini menjadi ikhtiar dalam memfasilitasi masyarakat kurang mampu yang ingin menikah. Sehingga Paman Birin berharap kegiatan ini menjadi agenda rutin dan pesertanya bertambah setiap tahunnya.

“Insya Allah tahun depan karena banyaknya permintaan, kita bisa tingkatkan lagi jumlah pesertanya menjadi dua kali lipat,” harapnya.

Paman Birin juga berpesan kepada para pengantin agar menjadi keluarga berencana karena keluarga merupakan unit terkecil dalam tatanan masyarakat dan negara sehingga kedepan kehidupan mereka bisa menjadi lebih baik.

Sementara, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalsel, Noor Fahmi mengatakan acara nikah massal ini bertujuan untuk membantu masyarakat kurang mampu yang ingin menikah. Sehingga dengan digelarnya acara pernikahan yang cukup meriah ini bisa membuat mereka bangga. Selain itu, dengan kegiatan ini dapat memperlihatkan kepada masyarakat untuk bersabar menunggu pernikahan sampai batas usia yang ditentukan sehingga mereka mendapatkan buku nikah dan kartu nikah.

“Selain itu, kami juga melakukan pembinaan terhadap calon pengantin tersebut agar menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warahmah, ” katanya.

Fahmi menambahkan ada 50 pasang calon pengantin yang mengikuti acara nikah massal ini yang terdiri dari 25 pasang calon pengantin berasal dari kota Banjarmasin dan dua pasang calon pengantin untuk masing-masing kabupaten/kota se Kalsel.

Sedangkan, mungkin karena gugup atau grogi, ketika Gubernur Kalsel bersama Kepala kanwil Kemenag Kalsel menjadi saksi nikahnya, salah satu pengantin laki-laki, Muryadi mengulang ijab Kabul hingga tiga kali.

Dalam acara tersebut, para calon pengantin tersebut juga mendapatkan baju seragam pernikahan dan mahar yaitu seperangkat alat sholat dan uang Rp1 juta dari Baznas Kalsel serta uang tambahan Rp200 ribu rupiah dari Bank Kalsel. (NRH/RDM/MTB)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat