13 April 2021

Meski Dapat Lampu Hijau, DPRD Kalsel Masih Bimbang Ikut Kunker Ke LN

2 min read

Suasana Ekspose Perjalanan Dinas ke LN Anggota DPRD Kalsel di Banjarmasin, Kamis (02/05).

BANJARMASIN – Dalam kegiatan ekspose rencana kunjungan keluar negeri Pimpinan dan Anggota DPRD Kalsel di Banjarmasin, Kamis (2/5) terungkap tujuan negara yang akan dikunjungi mengerucut ke Asia Timur yakni Jepang, Korea Selatan dan China. Kegiatan kunjungan kerja ini bakal dilaksanakan awal Juli mendatang atau pasca Lebaran Idul Fitri.

Meski mendapatkan lampu hijau, karena rencana lawatan keluar negeri diperbolehkan sesuai peraturan yang berlaku, sejumlah wakil rakyat masih malu-malu menyatakan kesiapannya untuk ikut dalam tur tersebut. Satu diantaranya Anggota Komisi III DPRD Kalsel, Farah Amalia. Politisi Partai Hanura yang dilantik menjadi Legislator menggantikan sang Ayah, Almarhum Achmad Saiman pada awal Januari 2019 lalu mengaku secara pribadi belum bisa memastikan berangkat atau tidak.

“Saya perlu pertimbangan dan harus membicarakan terlebih dahulu dengan anggota komisi tiga lainnya, ” katanya.

Namun dalam penilaian Srikandi Partai Hanura ini, kunjungan keluar negeri sangat bermanfaat bagi pembangunan daerah dengan mengaplikasikan ilmu yang didapat dinegara tujuan.

Sementara Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalsel, Suripno Sumas mengatakan pihaknya masih menunggu koordinasi even organizer sebagai penyedia kegiatan terkait tujuan negara yang akan dikunjungi.

“Kemungkinan besar ke China atau Korea Selatan, ” katanya.

Suripno mengaku tujuan belajar keluar negeri ini untuk menimba ilmu terkait pengelolaan persampahan.

Dari pengalaman pihak Event Organizer, untuk kunjungan ke negeri “Sakura” Jepang, Anggota Dewan bisa belajar tentang pengelolaan sampah, perikanan, pertanian dan ketenagakerjaan. Sementara di negeri “Ginseng” Korea Selatan, Legislator dapat menimba ilmu tentang pengelolaan KTP dan sistem transportasi umum. Sedang di negeri “Tirai Bambu” China mempelajari sistem irigasi/bendungan dan pemerintahan. Rencananya keberangkatan Pimpinan dan Anggota DPRD Kalsel dibagi setiap komisi dengan menyesuaikan bidang kerjanya. (NRH/RDM/MTB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.