13 April 2021

Sekwan Gelar Ekspose Rencana Perjalanan Dinas, Pimpinan dan Anggota DPRD Kalsel ke LN

2 min read

Kabag Persidangan Sekretariat DPRD Kalsel, M. Zaini ketika diwawancarai sejumlah wartawan usai kegiatan ekspose di Banjarmasin, Kamis (02/05).

BANJARMASIN – Sekretariat DPRD Provinsi Kalimantan Selatan menggelar ekspose rencana perjalanan dinas ke Luar Negeri (LN) bagi Pimpinan dan Anggota Dewan di ruang rapat Gedung Baru DPRD Kalsel di Banjarmasin, Kamis (2/5).

Ditemui wartawan, usai kegiatan, Kepala Bagian Persidangan Sekretariat DPRD Kalsel, Muhammad Zaini menyampaikan sesuai program kegiatan Sekwan, salah satunya peningkatan kapasitas SDM pimpinan dan anggota DPRD melalui perjalanan dinas ke luar negeri yang akan dilaksanakan pada tahun 2019 ini. Maka pihaknya menggelar kegiatan ekspose sebagai bagian dari tugas dan fungsi Sekwan dalam memfasilitasi administrasi dan keuangan Anggota Dewan.

“Untuk merealisasikan hal itu, kami melakukan persiapan dengan menggelar kegiatan ekspose yang menghadirkan nara sumber yaitu Kepala Pusat Fasilitasi Kerjasama Sekretariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri untuk menjelaskan bahwa rencana kegiatan perjalanan dinas ke Luar Negeri bagi Pimpinan dan Anggota Dewan sesuai dengan prosedur, mekanisme dan regulasi yang ditentukan, ” katanya.

Dari penjelasan pihak Kemendagri, menurut Zaini, sesuai dengan Permendagri Nomor 29 Tahun 2016 Tentang Perjalanan Dinas tersebut pimpinan dan anggota DPRD diperbolehkan melakukan kunjungan kerja ke LN.

Dalam ekspose tersebut, pihak Sekwan juga menghadirkan nara sumber dari pihak ketiga yaitu agen travel untuk menjelaskan mengenai aspek teknis perjalanan dinas ke LN.

“Karena didalam kegiatan tersebut, yang dipertanggungjawabkan sesuai dengan Permenkeu khususnya uang harian dan uang transport. Nah uang harian anggota dewan berbeda-beda sesuai dengan kurs mata uang negara tujuan,” jelasnya.

Menurut Zaini, karena Pagu Anggarannya sekitar Rp65 juta per orang jadi negara yang direkomendasikan untuk dikunjungi ada tiga yaitu Jepang, Korea Selatan dan China.

“Ketiga negara tersebut memiliki acuan kerja, karakteristik dan keunggulan yang bisa dikomparasi sehingga diharapkan bisa memberikan banyak masukan untuk kemajuan daerah,” katanya.

Rencananya perjalanan dinas Pimpinan dan Anggota DPRD Kalsel ke LN akan dilaksanakan setelah Lebaran yakni sekitar bulan Juni atau Juli 2019. Namun kepastian keberangkatan menunggu kesepakatan rapat masing-masing komisi di DPRD Kalsel. (NRH/RDM/EYN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

yd Project. | Newsphere by AF themes.