BanjarmasinNews

Di Banjarmasin, Raperda Kawasan Industri Akan Disinergikan Dengan Perda Kawasan Pergudangan

BANJARMASIN – Untuk menggali informasi  penanganan industri di kota ini, rombongan pansus melakukan kunjungan kerja ke DPRD Kabupaten Tangerang Provinsi Banten. Ketua Pansus DPRD Kota Banjarmasin Aman Fahriansyah mengatakan, di Kabupaten Tangerang sejak 2017 lalu, sudah memiliki perda tentang kawasan industri, untuk menekan dampak industri terhadap lingkungan hidup.
Dengan demikian kunjungan ke Kabupaten Tangerang untuk sharing informasi yang nantinya menjadi referensi bagi dewan untuk menetapkan menjadi perda tersebut, agar bisa bersinergi melalui perda sebelumnya tentang kawasan pergudangan.
“Raperda ini diperlukan mengantisipasi limbah industri, yang ada di kota ini terutama lingkungan sekitar,” katanya.

Aman menambahkan, dalam perda tentang kawasan pergudangan, letaknya tidak boleh di dalam kota, karena mengganggu arus lalu lintas, namun penerapan limbah industrinya, juga akan diatur lebih baik lagi, demi tercipta keindahan dan kenyamanan di Banjarmasin.

Menanggapi hal itu Kepala Bidang Perindustrian Kabupaten Tanggerang, Hassanudin, pihaknya mewajibkan  perusahaan  industri memperkerjakan tenaga kerja lokal, selain mengutamakan penanganan limbah yang disiapkan oleh pengusaha, agar lingkungan sekitar tetap bersih dan aman. Selanjutnya menyiapkan infrastruktur, saat dalam pembukaan kawasan industri, seperti keperluan lahan, akses layanan air, telepon, gas, dan listrik.

Dalam kunker itu diikuti 15 Anggota Dewan yakni Wakil Ketua Arufah Arif dan Suprayogi kemudian Anggota lainnya Suyato, Rudiani, Agus Suprapto, Deddy Sophian, Elly Rahmah, Matnor Ali, Mursyid, Abdul Gafar, Aliansyah, Siti Rahimah, dan Ikhsan Wardani. Sedangkan dari Pemerintah Kota diwakili Kabid Perencanaan Ekonomi Barenlitbangda Siane Aprliawati, Kepala Bidang Drainase PUPR Rusidah, Kepala Bidang Perindustrin Saipul Kota Banjarmasin. (NHF/RDM/MTB)

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
WhatsApp chat